4 Tips Saat Interview Pekerjaan Melalui Video Call

Work & Finance
tips-saat-interview-melalui-video-call

Image Background: Getty Images

Setelah mengumpulkan CV, ternyata kamu mendapatkan panggilan untuk interview. Wah, pastinya senang sekaligus deg-degan karena kamu bisa selangkah lebih maju untuk mendapatkan pekerjaan impianmu. Namun ternyata, pihak perusahaan tempat kamu mendaftar ingin melakukan interview secara online melalui video call. Jika kamu belum pernah melakukan interview melalui video call, kamu harus memperhatikan hal-hal kecil yang kadang menjadi penyebab kamu tidak mendapatkan pekerjaan tersebut. Apa aja sih? Scroll ke bawah…

#1 Tidak melakukan tes koneksi

Sebelum melakukan interview melalui video call, cobalah untuk tes koneksi. Hal ini dilakukan untuk menghindari gangguan teknis yang mengakibatkan ketidaklancaran interview. Cobalah untuk melakukan video call dengan temanmu. Lakukan minimal dua jam sebelum interview, dan cobalah tes koneksi lagi lima belas menit sebelum interview. Jika ternyata koneksimu benar-benar mengalami gangguan di saat mendekati interview, lebih baik memberitahukan kepada interviewer bahwa koneksimu sedang terganggu. Dan akan lebih baik jika kamu segera mencari koneksi internet yang lebih baik di sekitarmu.

 

#2 Melupakan penampilan

Meskipun interviewer tidak bisa melihatmu melalui video call secara keseluruhan, kamu wajib memperhatikan penampilanmu. Gunakan makeup tipis dan pakaian yang rapi ketika interview. Sesuaikan dengan jenis pekerjaan yang akan kamu lamar. (Baca: What To Wear On Job Interview)

 

#3 Terlambat melakukan interview

Interview jam 12 tapi kamu baru menyalakan skype jam 11.55, belum lagi ternyata koneksimu lemot banget. Alhasil kamu telat banget buat interview. Hal ini salah satu yang menjadi penyebab gagalnya interview kamu. Usahakan untuk menyiapkan segala sesuatu untuk interview, maksimal satu jam sebelumnya. Dengan begitu, interview kamu akan lancar!

 

#4 Tidak fokus

Melakukan interview melalui video call tidak semudah interview biasa loh. Ketika kita menghadap layar laptop atau smartphone, pasti akan ada notifikasi yang bermunculan. Notifikasi tersebut dapat mengalihkan fokusmu saat interview. Apalagi ketika kita interview sembari jalan kaki atau menyetir. Memang tujuan interview melalui video call adalah memudahkan pelamar pekerjaan namun tinggal di kota yang berbeda dengan perusahaan yang membuka lowongan. Agar lebih fokus, jangan lakukan hal lain ketika interview. Selain itu, cobalah untuk melakukan video call di tempat yang minimal gangguan atau keramaian atau mematikan semua notifikasi.

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor