6 Tips On Working From Home

Work & Finance

tips-on-working-from-home

Some jobs could be done from home. Khususnya buat kamu yang mempunyai bisnis sendiri atau menjadi freelancer. Bekerja dari rumah mempunyai keuntungan sendiri seperti, nggak perlu harus bangun pagi untuk menghindari macet, nggak takut telat, dan kamu bisa menyesuaikan gaya kerjamu sendiri.

Namun bagaimana caranya kamu mengantisipasi gangguan yang ada di rumah? Bagaimana jika ada tamu tiba-tiba berkunjung ke rumah atau gangguan lainnya? Beberapa tips mudah ini akan membantumu bekerja dari rumah tanpa gangguan.

 

1. Make Your Own Workspace

Tentukan area kerja khusus buat kamu, dan buat senyaman mungkin. Kamu juga bisa menghias kantormu sendiri. Pilih tema yang cocok denganmu agar kamu makin semangat dan produktif dalam bekerja. Sebisa mungkin jaga ruang kerja tetap rapi (atau mungkin kamu lebih nyaman bekerja di ruangan yang berantakan!)

2. Set Your Working Hours

Tulis jam kerja kamu di depan pintu ruangan agar orang bisa tahu kapan kamu bekerja and stick to them. Dengan begitu, gangguan pada saat bekerja di rumah akan berkurang.

 

3. Get Dressed

Meskipun kamu bekerja di rumah, sebaiknya kamu harus tetap fashionable. Memakai baju tidur saat bekerja tidak dapat meningkatkan produktivitas. Jika pekerjaanmu erat dengan bertemu dengan orang lain, jangan lupa untuk memakai make up untuk tampil lebih profesional.

 

4. Create To Do List

Kelebihan bekerja di rumah adalah tidak ada bos yang bisa kamu takuti! Kamu adalah bos dirimu sendiri. Namun, jangan terlena menjadi bos ya, kamu tetap harus bisa mengatur waktumu seefektif dan efisien mungkin. Buat daftar kerjaan atau to-do list yang harus kamu kerjakan di hari tersebut agar pekerjaanmu tidak menumpuk.

 

5. Use Existing Technology Effectively

Bekerja dari rumah akan lebih mudah jika kamu bisa menggunakan teknologi yang dapat memudahkan pekerjaanmu. Gunakan aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk bekerja di rumah atau ketika kamu harus bekerja di luar kota, seperti Google Drive, Dropbox, Asana, dll untuk sharing dan project management dengan yang lain.

 

6. Stay Healthy

Ada saatnya kita jenuh ketika bekerja dari rumah terus menerus. Usahakan kamu bisa olahraga apapun di luar rumah, seperti jogging, renang, atau olahraga lain kesukaanmu. Dengan berolahraga, oxygen akan bertambah dalam aliran darah dan dapat mengurangi kejenuhanmu bekerja di rumah. Jangan lupa untuk minum air mineral yang cukup dan makan makanan yang sehat.

image source

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor