6 Tips Untuk Mengurangi Kebiasaan Shopping

Fashion News

original

Setelah melakukan closet detox, kamu menyadari bahwa kamu telah menghabiskan banyak sekali uang untuk membeli baju yang tidak pernah kamu pakai. Shopping memang menyenangkan. Shopping menjadi salah satu terapi untuk melupakan masalah sesaat. Atau mungkin kamu adalah tipe shopaholic yang tidak bisa berhenti shopping.

Selain membuat tabunganmu jebol, kebiasaan shopping secara tidak langsung memberikan dampak negatif terhadap lingkungan, maupun pekerja yang dibayar secara tidak adil oleh perusahaan fashion tersebut (Tonton film The True Cost untuk mengetahui lebih lanjut).

Lalu bagaimana caranya supaya kamu berhenti shopping?

Tantang dirimu sendiri

Daripada shopping, cobalah untuk menantang dirimu sendiri dengan cara menggunakan baju-baju yang kamu punya.

30×30

Pernah mendengar tentang capsule wardrobe? Capsule wardrobe adalah istilah dimana kamu hanya menggunakan pakaian dengan jumlah tertentu untuk jangka waktu yang kamu tentukan. The It Girl menyarankan kamu untuk mengisi lemarimu dengan hanya 30 baju namun kamu bisa menghasilkan 30 gaya. Gimana? Menarik untuk dicoba kan?

Tukar-menukar

Daripada kamu membeli baju baru, kamu bisa mencoba untuk melakukan tukar menukar dengan temanmu yang memiliki ukuran sama denganmu. Hemat uang kan!

Belajar membuat bajumu sendiri

Jika kamu suka banget dengan dunia fashion, mengapa tidak untuk membuat pakaianmu sendiri? Ikut kelas kursus menjahit di kotamu dan mulai membuat bajumu sendiri. Jika kamu terlalu malas untuk menjahit sendiri, kamu bisa mendesain dan datang ke penjahit untuk membuatkan bajumu.

Mencoba kegiatan lain

Setiap weekend selalu ke mall. Tidak ada tempat lain yang kamu kunjungi selain mall. Alasannya karena semua ada di mall. Memang benar, ketika kamu di mall kamu bisa menemukan banyak hal dalam satu tempat. Cobalah mengurangi waktu ke mall, dan pergi ke tempat lain dengan keluarga. Kamu bisa pergi ke museum, olahraga bersama pacar, atau mencoba coffee shop baru bersama teman.

Membuat blog tentang fashion

Dengan banyaknya baju yang kamu punya, kamu bisa membuat blog tentang fashion. Melalui blogmu, kamu bisa menunjukan gaya kamu yang mungkin akan menginspirasi orang lain.