7 Manfaat Lidah Buaya Bagi Tubuh dan Muka

Skincare
Image source: wagwalkingweb.com

Image source: wagwalkingweb.com

Pernah dengar tumbuhan Aloe Vera? atau biasa disebut dengan lidah buaya. Tanaman lidah buaya ini banyak sekali ditemukan di taman-taman di sekitar rumah kita. Selain itu untuk menanam tanaman ini juga tidak terlalu sulit dan terlalu repot. 

Mungkin kebanyakan dari mereka yang menanam lidah buaya mengerti manfaat dari tumbuhan ini. Girls, jangan dilihat dari bentuknya yang agak tajam lho… ternyata lidah buaya ini mempunyai banyak manfaat yang tidak hanya berguna bagi kulit tetapi juga bagi tubuh dan rambut kita.

Tentunya kita juga sering mendengar dari sesepuh kita manfaat yang paling sering dipergunakan, yaitu mengatasi kerontokan. Ternyata tidak hanya itu saja. Masih banyak beberapa manfaat yang bisa kita dapat dari lidah buaya ini. Penasaran kan? Yuk ikuti ceritanya.

#1 Penuh Dengan Vitamin

Lidah buaya atau aloe vera terkenal menyimpan banyak sekali vitamin dan zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh dan kulit kita. Di dalamnya terkandung vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B12, asam folat serta zat-zat lain seperti kalsium, magnesium dan zinc.

#2 Dapat Mengobati Jerawat-jerawat

Image source: noskinproblems.com

Image source: noskinproblems.com

Di dalam aloe vera terdapat dua hormon yaitu hormon auxin dan gibberellins. Kedua hormon ini mempunyai khasiat untuk mengobati  dan mengurangi peradangan kulit

#3 Dapat Digunakan sebagai Moisturizer

Pemakaian aloe vera juga dapat dipakai sebagai pelembab untuk kulit tanpa merasakan rasa minyak. Girls, kamu bisa mencoba memakai sebelum memakai make up, selain melembabkan selain itu juga memberi rasa dingin di kulit. Selain itu kamu bisa menyarankan pacar atau saudara kamu untuk memakai lidah buaya sebagai aftershave untuk mengobati luka akibat tercukur.

#4 Mengobati Sunburnt

Image source: maneaddicts.com

Image source: maneaddicts.com

Ketika kamu tersengat matahari dan membuat kulitmu merah atau sampai terkelupas, jangan lupa gunakan lidah buaya. Karena di dalam lidah buaya terdapat zat yang berfungsi sebagai pelidung pada kulit. Selain itu sifat antioksidannya yang akan membuat kulit tersengat tadi lebih cepat pulih.

#5 Memperlambat Proses Penuaan

Selain itu zat yang terkadung di dalam aloe vera seperti vitamin C dan vitamin E dapat meningkatkan kekencangan kulit dan menjaga kulit dari dehidrasi.

#6 Menambah Daya Tahan Tubuh

Image source: organicauthority.com

Image source: organicauthority.com

Menkonsumsi minuman yang terbuat dari lidah buaya juga dapat membuat tubuhmu lebih sehat. Mengapa? karena lidah buaya memiliki sifat detoks yang alami dan akan membersihkan sistem pencernaan dan peredaran darah dari zat-zat jahat. Selain itu meraka juga akan menanamkan sel sehat yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhmu.

#7 Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Nah manfaat yang terakhir ini pasti sudah banyak yang tahu. Ini resep dari jaman nenek kita banget! Kalau mau mempercepat tumbuhnya rambut bisa menggunakan lidah buaya. Dengan penggunaan teratur di kulit kepala, bagi yang punya problem dengan kerontokan ini dapat menjadi obat alami untuk mengatasi kerontokan. Selain itu aloe vera atau lidah buaya yang digunakan sebagai shampo juga dapat membuat sirkulasi darah di kepala lebih lancar dan membuat lebih relax dari stress yang sedang kita hadapi.

Contributors

Pratiwi Putri Anugerah

Co-Founder & Editor