8 Sayuran Paling Sehat & Bernutrisi

Food & Drinks Healthy Living

Saat menonton film What The Health, banyak penyakit yang bisa disembuhkan karena mengkonsumsi sayuran. Tidak hanya itu, rutin mengkonsumsi sayuran dapat mencegah penyakit-penyakit seperti kanker, tumor, dan tubuh semakin sehat.

 

Tidak semua sayuran mengandung nutrisi yang lengkap. Akan sangat baik jika mengkonsumsi sayuran yang bermacam-macam agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh semakin tinggi. Lalu, apa saja sih sayuran yang memiliki nutrisi tinggi?

Selada Air

watercress

Photo: bonappetit.com

Salah satu tumbuhan tertua di dunia, selada air kaya akan vitamin A, C, dan K.

 

Selain vitamin, selada air juga mengandung antioxidant yang penting bagi tubuh manusia.

 

Tips memasak: tumis selada air, tambahkan ke dalam isi sandwich, atau gunakan selada air dalam salad.

 

Asparagus

asparagus lemon

Photo: simplyrecipes.com

Asparagus adalah sayuran yang kaya dengan vitamin dan mineral.

 

Setiap 90 gram asparagus mengandung sepertiga kebutuhan asam folat sehari-hari. Selain asam folat, asparagus juga mengandung selenium, vitamin K, thiamin, dan riboflavin.

 

Tips memasak: kamu bisa membuat sup asparagus, atau olah dengan cara stir-fry menggunakan bumbu sederhana.

 

Bayam

baby spinach

Photo: www.drweil.com

Dalam seratus gram bayam sudah memenuhi 187% kebutuhan vitamin A dan seluruh kebutuhan vitamin K dalam sehari. Bayam juga mengandung vitamin C, zat besi, dan antioxidant.

 

Mengkonsumsi bayam dapat mengurangi resiko kanker.

 

Tips memasak: tambahkan bayam dalam saladmu.

 

Kale

curly kale

Photo: girlandfire.com

Meskipun banyak yang kurang suka karena rasanya yang mirip daun pepaya, kale adalah sayuran yang sangat bernurtrisi dan mengadung antioxidant.

 

Sama dengan halnya bayam, kale mengandung vitamin A, C, dan K yang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Mengkonsumsi kale dapat menurunkan tekanan darah dan juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan kadar gula dalam darah.

 

Tips memasak: tumis menggunakan soy sauce dan kaldu sayur supaya rasa pahit kale tidak terasa.

 

Kacang Polong

kacang polong

Photo: today.com

Siapa sangka kacang polong mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh kita. Kacang polong mengandung serat, protein, vitamin A, C, dan K, dan vitamin lainnya.

 

Selain itu, kacang polong juga mengandung saponins. Saponins dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan sel kanker.

 

Tips memasak: tambahkan kacang polong pada nasi goreng, mi goreng, sup, atau masakan pastamu.

 

Brokoli

Broccoli

Photo: www.simplyrecipes.com

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi dan memenuhi kebutuhan vitamcin C sehari-hari.

 

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam brokoli sangat banyak. Sayangnya, kadang brokoli bisa membuat perut kembung karena gas yang dikeluarkan oleh brokoli.

 

Namun, brokoli sangat bagus untuk mencegah kanker payudara.

 

Tips memasak: jangan sampai brokoli yang kamu masak terlalu matang atau tidak matang.

 

Wortel

Carrot

Photo: www.demandstudios.com

Kandungan vitamin A dalam wortel sangat banyak dan bagus untuk kesehatan matamu.

 

Warna oranye dalam wortel disebabkan oleh kandungan beta-carotene, antioxidant yang dapat mencegah penyakit kanker.

 

Tidak hanya vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C, K, dan potasium.

 

Tips memasak: Banyak cara untuk memasak wortel. Mulai dari tumis, sup, pasta, atau dimakan mentah. Jika ingin makan mentah, kamu bisa gunakan hummus sebagai saus.

 

Jahe

Ginger

Photo: draxe.com

Salah satu manfaat jahe adalah mengurangi rasa mual pada perempuan yang sedang hamil.

 

Penelitian tentang jahe menunjukan bahwa jahe sangat bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.
Tips memasak: Jahe bisa digunakan untuks segala jenis makanan, baik asin maupun manis. Kamu juga bisa menambahkan jahe dalam smoothie sayuran.