Alasan Penting Mengapa Kamu Harus Internship

150923_mov_theintern-jpg-crop-promo-xlarge2

Kamu adalah seorang lulusan sarjana baru dari universitas ternama dengan nilai yang sangat bagus dan memuaskan. Namun ada yang kurang di CV-mu. Ternyata, ada sesuatu yang masih kurang, yaitu pengalaman pekerjaan. Ketika kamu memasuki dunia kerja dan mencari pekerjaan, perusahaan cenderung lebih memilih lulusan yang memiliki pengalaman yang lebih banyak meskipun itu hanya internship.

 

Dibayar atau tidak, internship akan memberikan segudang pengalaman baru untuk kamu. Inilah alasan mengapa kamu wajib internship sebanyak-banyaknya.

#1 Mendapatkan pengalaman kerja yang sesungguhnya

Saat bekerja, kamu bisa mendapatkan pengalaman bekerja sesungguhnya meskipun kamu belum lulus kuliah. Hal ini dapat membantumu untuk mendapatkan gambaran mengenai dunia kerja. Kamu bisa melihat sudut pandang baru yang bisa kamu gunakan untuk memperkaya pengetahuanmu.

 

Baca juga: How To Turn Your Internship Into Full Time Job

 

#2 Menambah jaringan

Meskipun internship rata-rata memiliki jangka waktu yang pendek, kamu bisa memiliki kenalan sebanyak-banyaknya. Dengan memiliki network, kamu bisa mengetahui jenis kepribadian orang yang berbeda-beda. Dari kenalan baru tersebut kamu bisa mendapatkan informasi penting seperti lowongan pekerjaan, atau info penting lainnya.

 

Baca juga: 7 Hal Terpenting Yang Harus Dimiliki Seorang Intern

 

#3 Menambah skill

Jangan sedih jika saat internship kamu hanya mendapat pekerjaan yang mudah seperti fotokopi dan sejenisnya. Hal ini penting, girls. Dengan mencoba hal-hal yang mudah, kamu bisa memahami perusahaan tersebut dari bawah. Calon orang yang sukses adalah orang yang mau disuruh apapun oleh atasannya. Mungkin ketika kamu disuruh fotokopi, kamu bisa membaca fotokopian tersebut yang mungkin bisa menambah pengetahuanmu. Kamu juga bisa belajar skill baru dari orang-orang di kantor. Skill yang banyak adalah nilai plus untuk CVmu.

 

Baca juga: Dos and Don’ts When Creating Your CV

 

#4 Membantumu untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat

Mengikuti program internship dimana-mana akan menambah catatan pengalaman yang banyak di CV-mu. Fresh graduates yang memiliki pengalaman internship lebih banyak daripada yang lain akan lebih mudah & cepat untuk mendapatkan kesempatan bekerja.

 

Jadi, jangan ragu untuk mengambil internship. Meskipun tidak dibayar, kamu bisa mendapatkan pengalaman yang mungkin temanmu tidak memilikinya dan kamu juga mendapatkan kesempatan untuk bekerja lebih cepat dibanding yang lain!