Cara Efektif Mengatur Hidupmu Lebih Baik & Teratur

Mental Health
Cara Efektif Mengatur Hidupmu Lebih Baik & Teratur

background image by: vogue.com

My life is a mess, merupakan ekspresi dalam kalimat pendek yang sering dialami oleh orang-orang di kota besar. Kalimat tersebut muncul mungkin disebabkan dari hal-hal sepele di sekitarmu, seperti hp rusak, pekerjaan yang ditunda-tunda dan akhirnya menumpuk banyak, lemari baju yang tidak pernah dirapikan, isi tas yang berantakan, atau terbebani dengan berbagai macam pikiran. Sebenarnya, masalah-masalah itu mudah diatasi dengan cara yang praktis. Luangkan waktu kosongmu untuk melakukan beberapa kegiatan rekomendasi The It Girl agar hidup menjadi lebih menyenangkan dan tertata dengan baik.

#1 Detox your phone

Salah satu benda yang wajib dibawa kemanapun adalah smartphone. Smartphone canggih merupakan kebutuhan utama dalam hidup. Pastikan isi pada telepon genggam tidak sering mengalami gangguan dan praktis saat digunakan. Cara yang tepat ialah memerika semua aplikasi di smartphone yang sering kamu gunakan dalam tiga bulan terakhir. Jika ada beberapa aplikasi yang tidak pernah atau jarang kamu pakai, sebaiknya dihapus. Hal ini menyebabkan storage dan Random Access Memory (RAM) di dalam smartphone kamu akan mulai melambat. Selain itu kamu juga bisa  mengsinkronisasikan data penting seperti kontak telepon, dokumen penting, foto, video, dan musik dengan menyimpannya ke komputer atau email pribadi. Cara ini sangat efektif apabila ponsel kesayanganmu rusak, hilang, atau sekedar ingin membeli smartphone baru.

#2 Rapikan isi lemarimu

“Tidak punya pakaian untuk dipakai” merupakan salah satu kendala terbesar bagi perempuan. Padahal begitu banyak pakaian yang sudah menumpuk di  dalam lemari. Hal yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan semua pakaian dan aksesoris dari lemari. Buatlah beberapa kotak yang bertuliskan “simpan”, “donasi”, dan “jual”. Lalu, periksalah satu per satu sambil memasukannya sesuai kehendakmu. Opsi kedua adalah memasangkan atasan dengan atasan, celana dengan celana, outerwear dengan outerwear. Hal ini sangat efektif untuk mencari benda apa yang harus kamu kenakan ketika terburu-buru. Selain itu, tampilan lemari juga akan terlihat lebih rapi dan cantik.

#3 Bersihkan tas kesayanganmu

Ukuran tas yang besar dapat memudahkanmu menyimpan barang apapun di dalamnya. Padahal, belum tentu benda-benda yang dibawa memiliki manfaat krusial. Agar tasmu lebih rapi, coba keluarkan semuaa isi di dalam tasmu setiap minggu. Tujuannya adalah supaya barang-barang yang tidak berguna seperti nota, bungkus makanan, pena mati, dan lainnya dapat dibuang. Selain itu, simpan produk-produk makeup berbasis multifungsi seperti compact powder, dual-ended eyeliner, serta lip and cheek color pada makeup pouch tersendiri untuk memudahkanmu ketika mencari.

#4 Jernihkan pikiranmu kembali

Memiliki beban atau pikiran sebelum tidur akan menimbulkan rasa gelisah di malam hari. Bahkan, hal ini dapat membuatmu sulit tidur meski sudah memasuki jam larut malam. Cara tepat untuk mengatasinya adalah menuliskan ide, rasa gelisah, atau pikiran lain yang mengusikmu ke sebuah buku catatan di samping tempat tidur. Kegiatan ini cukup efektif untuk mengingat sesuatu apabila kamu melupakan sesuatu yang penting dalam hidupmu. Setidaknya kamu bisa berhenti memikirkannya dalam beberapa jam kedepan. Cara kedua adalah membuat batasan waktu untuk mematikan smartphone atau gadget kesayanganmu. Semakin lama durasi yang kamu butuhkan saat bermain atau bercerita di gadget, semakin pendek pula waktu yang digunakan untuk tidur. Padahal tubuh membutuhkan delapan jam untuk beristirahat agar kembali bugar keesokan harinya.

Contributors

Herwin Widodo

Contributor