Cara Membuat Fitness Goal yang Realistis

Physical Health

How To Create Realistic Fitness Goals

Apakah kamu memiliki resolusi untuk menurunkan berat badan di tahun ini? Atau resolusi itu tetap ada dari tahun-tahun sebelumnya? Namun usahamu untuk menurunkan berat badan tak kunjung berhasil. Coba cari tahu apa yang menyebabkan kamu tidak pernah berhasil menurunkan berat badan. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah kamu tidak pernah realistis dalam membuat resolusi menurunkan badan. Nah, gimana sih caranya supaya resolusimu untuk menurunkan badan di tahun 2018 ini berhasil?

 

Scroll ke bawah, girls…

#1 Tentukan hasil akhir yang kamu inginkan secara spesifik

Bayangkan bentuk tubuh yang ideal sesuai keinginanmu atau tentukan jumlah berat badan yang ingin kamu turunkan, misalnya: turun sebanyak 10 kg. Tulis secara spesifik karena itu akan membantumu mencapai badan impianmu.

 

#2 Cari olahraga yang cocok dengan kepribadianmu

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, termasuk olahraga. Ada orang yang suka olahraga yang tenang dan damai seperti yoga, atau pilates. Ada juga yang suka olahraga high-impact seperti aerobik, dance, body combat dan semacamnya. Temukan olahraga yang cocok dengan kepribadianmu supaya kamu tidak merasa tertekan atau jenuh saat olahraga. Karena merasa senang saat olahraga akan membantumu membakar kalori sebanyak-banyaknya.

 

Baca juga: Olahraga Mudah Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

 

#3 Jadwalkan kegiatanmu

Mulailah berolahraga meskipun hanya seminggu sekali. Jadwalkan olahragamu setiap minggu kamu ingin berapa kali berolahraga. Jika kamu sibuk bekerja dari pagi sampai sore, cobalah ikut kelas yoga atau daftar tempat fitness terdekat dan ikut kelas malam. Setidaknya dalam seminggu, kamu harus berolahraga sekali.

How To Create Realistic Fitness Goals

Image: happilygrey.com

#4 Mulailah dengan porsi sedikit

Setelah menemukan jadwal yang pas dan olahraga yang cocok denganmu, mulailah komitmen untuk berolahraga. Sebagai pemula, jangan memaksakan badanmu untuk melakukan olahraga yang berat. Misalnya, lakukan plank selama beberapa detik, kemudian minggu depan tambahkah beberapa detik lebih banyak dari kemarin dan seterusnya. Cara ini akan lebih efektif daripada memaksakan olahraga yang berat dari awal.

 

#5 Makan makanan yang sehat

Mau berat badan turun tapi makan makanan berlemak setiap hari? Tidak mungkin girls. Kamu harus bisa menyeimbangkan antara kalori yang masuk dan keluar. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, kurangi porsi makan atau memperbanyak makan buah & sayur.

 

Baca juga: Healthy & Easy Pancakes Recipes You Should Try

 

#6 Selalu motivasi dirimu sendiri

Menjaga motivasi untuk selalu semangat berolahraga merupakan hal yang cukup sulit. Ada saat dimana kamu mungkin sudah mulai bosan, jenuh dengan rutinitas, atau hal lainnya. Tapi ingatlah mengapa kamu memulainya. Ingatlah hal yang menyebabkanmu ingin sekali mencapai hal yang kamu inginkan.

 

Gimana girls? Coba cara mudah ini supaya resolusimu bisa tercapai. Namun, yang terpenting adalah komitmen kamu untuk menjalankan ini seberapa besar sih? Semoga tips ini bisa membantumu.