Cara Mudah Detox Rumah (Plus Printable!)

Home

Easy ways for home detox

Pengen tahun 2018 ini semakin bermakna? Kamu bisa menambahkan home detox sebagai salah satu resolusimu. Mungkin ini adalah penyebab mengapa kamu selalu jenuh di rumah. Karena barang-barang di rumahmu bukanlah barang-barang yang benar kamu sukai. Jika kamu sudah sangat jenuh, ini adalah waktu yang tepat untuk detox rumahmu. Bagaimana sih caranya home detox? Berikut adalah langkah-langkah yang mudah agar rumahmu semakin sehat.

#1 Start discarding things

Home detox dapat dimulai dari membuang barang-barang yang tidak memiliki nilai lagi dan tidak dapat didonasikan. Banyak tumpukan di rumah? Coba bongkar isinya dan lihat apa saja yang menyebabkan tumpukan. Buang barang-barang yang sudah kadaluarsa meskipun belum digunakan sama sekali dan jangan merasa sedih ketika kamu membuangnya.

#2 Organize in the right order

Sesuai dengan teknik Konmari, mulailah dengan urutan yang benar: pakaian, buku, komono, kemudian barang-barang sentimental. The It Girl sudah menyiapkan sebuah printable checklist (gratis) untuk membantumu detox rumah.

#3 Divide into four categories

Saat merapikan barang-barangmu, bagi menjadi tiga bagian: simpan, donasi, jual, atau buang. Dengan membagi menjadi tiga bagian, akan sangat memudahkanmu menguras ‘racun’ di rumahmu.

#4 Stay away from storage boxes

Banyak yang beranggapan bahwa barang-barang di rumah kurang rapi karena tidak memiliki tempat penyimpanan yang banyak. Ini salah banget girls! Rumah yang tidak rapi bukan karena kurangnya tempat penyimpanan, tapi lebih tepatnya terlalu banyak barang yang tidak digunakan dan disimpan sampai berdebu.

#5 Keep things that give you ‘sparks’

Cara cepat untuk memilih barang mana yang disimpan adalah dengan memegang dan memandangnya dengan cermat dan dengan perasaan. Jika ada sparks antara kamu dan barang tersebut, kamu wajib menyimpannya. Meskipun kamu memiliki barang yang sangat bagus tapi tidak ada sparks antara kamu dan barang tersebut, lebih baik didonasikan, atau dijual.

#6 Do it once for forever

Akan lebih baik jika kamu melakukan home detox dalam satu waktu sekaligus. Maksudnya, kamu tidak harus merapikan seluruh rumah sekaligus (tapi jika bisa sekaligus akan jauh lebih bagus). Jika kamu sibuk dan barangmu terlalu banyak, kamu harus merapikan satu kategori sekaligus. Weekend adalah waktu yang tepat untuk membereskan rumahmu.

 

Mudah kan? Setelah membersihkan rumahmu, kamu akan merasa lebih lega dan lebih plong karena isi rumahmu sekarang adalah barang-barang yang kamu sukai.