Etika Bekerja yang Wajib Kamu Ketahui

Work & Finance
Coworking Space

Image source: Business Insider Singapore

Etika saat bekerja harus diketahui oleh setiap pegawai–baik pegawai baru maupun pegawai lama yang telah bekerja bertahun-tahun. Memiliki etika yang baik dapat meningkatkan hubungan dan kinerja antara teman kerjamu dan atasanmu.

 

Setiap perusahaan memiliki lingkungan kerja yang berbeda-beda. Sangat penting bagi kamu untuk mengerti lingkungan di perusahaanmu. Supaya pekerjaanmu lancar, ada beberapa hal-hal yang wajib kamu ketahui tentang etika dalam bekerja.


#1 Tepat waktu

Selalu tepat waktu saat datang, saat meeting, atau acara apapun. Tepat waktu dalam bekerja akan memberikan kesan yang profesional. Sedangkan tidak tepat waktu dalam bekerja, kamu akan dianggap sebagai orang yang menghambat proses bisnis perusahaan. Jika kamu mengalami keterlambatan yang terus-menerus, misalnya telat 10 menit, lebih baik jika kamu memasang alarm yang lebih pagi.

 

#2 Menghargai teman sekerja

Saat bekerja, kamu wajib menghormati teman-teman kerjamu. Banyak hal yang bisa Saat berbicara, jangan menyela temanmu yang sedang berbicara. Berbicara secara bergantian untuk menghormati teman kerjamu. Selain itu, jangan terlibat dalam gossip kantor tentang pegawai lain atau siapapun di perusahaan.

 

#3 Ramah

Mungkin di saat kamu menjadi anak baru di tempat kerja baru, kamu merasa sungkan dan pernah dijutekin oleh senior-seniormu karena kamu adalah anak baru. Namun, bukan berarti kamu harus seperti itu terhadap anak baru atau junior. Berikan senyuman dan ajak ngobrol anak baru supaya dia akan merasa lebih nyaman saat bekerja.

 

#4 Berpakaian yang layak

Setiap perusahaan memiliki aturan busana yang berbeda. Jangan sampai kamu tidak mematuhi peraturan tersebut. Jika kamu ingin menggunakan pakaian casual (biar bisa langsung hangout setelah kerja), kamu bisa menambahkan blazer agar terlihat lebih profesional. Apabila tidak ada aturan khusus dalam berpakaian, gunakan pakaian yang sesuai dengan gayamu namun tetap terlihat profesional.

 

Baca juga: 10 Gaya Mix & Match Untuk Blazer Hitam Kesayanganmu, 8 Workwear Essentials yang Wajib Kamu Punya

 

#5 Ijin ketika meminjam barang

Saat di kantor, kita pasti sering meminjam barang-barang teman seperti bolpen, pensil, dan seterusnya. Akan lebih baik jika saat kamu meminjam barang temanmu dengan meminta ijin untuk memakainya. Hal ini terlihat sepele namun penting banget, girls. Mengambil barang temanmu seenaknya tanpa minta ijin bisa menjadi penyebab kemarahan antara kamu dan temanmu.

 

#6 Jaga kebersihan

Meja yang jorok terlihat kurang enak dipandang kecuali kamu bekerja di bilik. Selain itu, hindari membawa makanan dengan bau yang sangat menyengat sehingga mengganggu teman kerjamu. Bersihkan mejamu setelah makan. Meja yang bersih dapat meningkatkan kinerjamu loh.

 

#7 Lakukan pekerjaanmu

Dan etika yang paling penting adalah melakukan pekerjaanmu! Baik untukmu dan untuk perusahaanmu.