Hal-hal Penting yang Wajib Kamu Perhatikan Saat Kuliah

hercampusdotcom

image source: hercampus.com

Mahasiswa adalah status yang istimewa. Bagi sebagian besar orang, status sebagai mahasiswa adalah tanda bahwa mereka sedang berada di level kedewasaan yang lebih tinggi. Mahasiswa diperlakukan secara mandiri, baik di dalam kelas maupun di luar kelas seperti dalam organisasi. Mahasiswa tidak lagi ditagih-tagih pengumpulan tugas, tidak lagi ujian diawasi sepuluh pengawas yang ketat. Mahasiswa dianggap sudah mengerti bagaimana harus bertanggung jawab, tanpa perlu diancam atau ditakuti dengan berlebihan, seperti ketika masih di sekolah.

Pun demikian, ternyata masih banyak mahasiswa yang mengabaikan hal-hal kecil yang sebenarnya penting. Berikut adalah hal sederhana yang harus kamu perhatikan semasa menjadi mahasiswa:

#1 Tentang kejujuran

Cliche banget ya? Semua orang mengetahui bahwa kejujuran itu penting. Tapi, seberapa jujur sih ketika kamu di kampus? Dengan pengawasan yang sangat minim, tempat duduk dempet-dempet, gampang banget untuk mencontek waktu ujian akhir. Apa yang kamu sering lakukan di kampus, akan menjadi kebiasaanmu ketika bekerja. Jika semasa kuliah kamu nggak jujur, kamu akan mendapatkan kesusahan menjadi pekerja yang jujur.

#2 Hindari plagiarisme

Khususnya buat kamu yang kuliah di jurusan non-eksak. Kamu dituntut untuk banyak baca literatur atau jurnal sebagai rujukan tugas. Biasanya banyak tugas untuk membuat esai yang sifatnya analitis dan diharuskan merujuk ke jurnal-jurnal resmi. Pada saat yang bersamaan, seringkali untuk topik-topik tertentu, kamu bisa memperoleh beberapa tulisan karya orang lain yang sudah terpampang di Google. Lalu munculah godaan untuk plagiat karya orang lain.

Ini hal yang sederhana, tapi biasakan untuk selalu membuat karyamu yang asli. Kalau kamu terbiasa melakukan plagiat, kamu akan terbiasa mencari jalan pintas yang nggak seharusnya. Malas untuk usaha dan enggan melewati proses yang agak susah. Ini bukan kebiasaan yang baik untuk dipelihara di masa depan.

#3 Hindari membolos kuliah

Nasehat ini mungkin yang seringdisampaikan orang tua kepada mahasiswa. Kebiasaan membolos dan titip absen ini sebisa mungkin harus dihindari, girls! Kebiasaan yang harus dihindari karena akan membuat kita makin malas. Memang kadang kamu berpikir bahwa kuliah adalah hal yang sangat berat, apalagi jika kamu tidak menyukai mata kuliah/dosen pengajarnya. Tapi kamu harus mencari cara untuk tetap termotivasi atau tertantang untuk menghadapinya. Pada masa yang akan datang, kebiasaan membolos akan membuat kita mudah menyerah menghadapi kesulitan-kesulitan kecil.

#4 Disiplin dalam mengerjakan tugas

Ini adalah salah satu hal yang paling susah dilakukan mahasiswa. Minimnya pengawasan dosen membuat mahasiswa semakin malas untuk mengerjakan tugas. Solusinya adalah pinjam tugas teman dan mengerjakannya satu jam sebelum tenggat waktu pengumpulan. “Toh dosen atau asisten yang mengoreksi juga nggak akan tau, karena sangat banyaknya jumlah tugas yang harus diperiksa,” kalau kamu salah satu diantara mahasiswa yang seperti itu, segera berubah ya! Menyelesaikan tugas sendiri dan dengan disiplin akan sangat melatih kemandirian dan tanggung jawab kita sebagai bekal untuk bekerja di masa mendatang.
Be responsible even when nobody is watching.

Contributors

Karlina Wahyu Kristiani