Hal yang Harus Kamu Ketahui Ketika Berwisata ke Laut

Travel Tips
image source: www.ohhcouture.com

image source: www.ohhcouture.com

Apakah kamu tim hutan/gunung atau tim laut? Setelah membahas ecotourism secara umum, sekarang artikel ini akan membahas ecotourism yang lebih detail. Kalau kamu selalu menghabiskan waktu liburanmu di laut penting sekali untuk membaca sampai habis untuk mengetahui apa saja yang tidak boleh dilakukan di laut dan dampak yang dapat ditimbulkan.

#1 Jangan pernah membuang sampah ke laut

Did you know that sea turtles and other marine creatures often mistaken plastic bags as jellyfish? Seringkali penyu memakan plastik dan sampah lainnya karena menganggap sampah/plastik adalah makananannya (ubur-ubur). Hal tersebut membuat sistem pencernaan penyu terganggu dan dapat mengakibatkan kematian. Tidak hanya hewan laut saja yang terkena imbasnya. Sampah yang terbawa ke pesisir seringkali dimakan oleh burung-burung pantai. Selain itu, banyak biota laut yang terjerat oleh sampah plastik, membatasi pergerakan dan membahayakan kesehatan mereka.

#2 Hati-hati dengan langkahmu

image source: getty images

Jika kamu suka dengan kegiatan snorkelling atau diving selalu ingat untuk memperhatikan pergerakanmu. Seringkali wisatawan mematahkan karang saat berenang atau menginjak karang saat berusaha berdiri. Karang merupakan hewan dengan laju pertumbuhan yang lambat, yaitu 0,3-10 cm per tahun tergantung dari jenisnya. Jangan mengambil karang sebagai souvenir baik yang hidup maupun yang mati karena karang memiliki peran yang sangat penting di alam.

#3 Jangan memberi makan ikan di alam

Image source: Pinterest

Image source: Pinterest

Pasti sering melihat orang memberi makan ikan berupa roti atau biskuit untuk menarik ikan. Jangan memberi makan hewan liar terutama yang bukan pakannya hanya agar kita bisa melihatnya dengan dekat. Roti dan makanan manusia lainnya bukan merupakan makanan ikan dan dapat menyebabkan kebutuhan gizi mereka tidak terpenuhi. Selain itu, ikan-ikan di laut akan mengasosiasikan manusia sebagai pemberi makan yang nantinya akan mengganggu siklus makan mereka.

#4 Use organic sunscreen

Badger Sunscreen. Salah satu merk sunscreen organik.

Badger Sunscreen. Salah satu merk sunscreen organik.

Sunscreen harus dipakai untuk melindungi kulitmu dari matahari, namun banyak senyawa kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya. Ketika berada di air, sunscreen akan larut dan senyawa kimia berbahaya tersebut dapat membahayakan biota laut seperti karang yang sensitif. Pakai sunscreen yang aman dipakai di alam atau memakai pakaian yang tertutup.

#5 Jangan sembarangan memegang

imag source: pcwallart.com

imag source: pcwallart.com

Memegang hewan atau tumbuhan di laut dapat berisiko bagi kamu dan hewan itu sendiri. Hewan di laut memiliki berbagai mekanisme perlindungan agar dapat bertahan hidup. Meskipun terlihat lucu bisa saja hewan tersebut memiliki racun yang berbahaya. Kalaupun kamu tahu pasti tidak berbahaya bisa saja kamu membahayakan hewan itu, contohnya bintang laut yang dibawa ke atas air laut. Oleh karena itu, lebih baik dilihat saja, diambil gambarnya, tidak perlu dipegang.

Contributors

Alliyya Lathifa

The It Girl Writer