6 Tips Efektif Melakukan Closet Detox

Fashion News

pinterest-template-1

Cobalah untuk membuka lemari pakaianmu dan perhatikan secara detail. Perasaan apa yang timbul ketika melihat isi lemarimu? Jika kamu merasakan tidak bahagia saat melihatnya, itulah saatnya kamu harus melakukan closet detox.

Ketika kamu melihat isi lemarimu, ternyata banyak pakaian yang hanya kamu pakai sekali, atau bahkan pakaian yang sama sekali belum kamu pakai. Padahal pakaian yang tidak kamu pakai sama sekali bisa kamu sumbangkan atau kamu jual lagi untuk mendapatkan uang jajan tambahan. The It Girl sudah menyiapkan beberapa tips closet detox dan bagaimana kamu bisa mendapatkan isi lemari yang sesuai dengan keinginanmu.

#1 Persiapan

Sebelum memulai closet detox, siapkan beberapa kantong plastik atau wadah apapun dan beri label: donasi, jual, buang, dan perbaiki. Usahakan untuk melakukan closet detox di hari libur karena akan sangat menghabiskan tenaga (apalagi kalau kamu punya pakaian yang banyak banget).

Untuk memudahkanmu dalam membersihkan lemari, jawablah pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apakah sudah dipakai tahun ini?
  • Apakah memakainya membuat hatiku senang?
  • Apakah masih muat?
  • Apabila ada kerusakan, apakah masih bisa diperbaiki?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat membantumu dalam proses closet detox. Untuk pakaian yang masih bisa dijual, kamu bisa menjualnya di tempat seperti carousell, atau marketplace lainnya.

#2 Merapikan pakaian

Setelah memilih-milih mana yang kamu simpan/donasi/jual/buang, kamu bisa memulai untuk mengatur pakaianmu sebelum dimasukkan ke lemari. Kumpulkan pakaianmu sesuai dengan kategori. Misalnya: celana sendiri, rok sendiri, kemeja sendiri, dst. Setelah itu, lipat pakaianmu dengan rapi dan susun di dalam lemari. Agar semakin rapi, susun pakaianmu mulai dari warna tergelap ke warna yang paling terang. Jika kamu bingung bagaimana caranya, kamu bisa mencontek teknik merapikan baju ala Konmari seperti video di bawah ini.

#3 Pakaian yang sesuai dengan lifestyle

Image source: www.quarter-magazine.com

Image source: www.quarter-magazine.com

Meskipun pakaian sudah rapi, apakah kamu yakin pakaian-pakaian tersebut mencerminkan lifestyle atau gaya hidup yang kamu ikuti? Penting sekali untuk mengetahui lifestyle yang kamu inginkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari belanja pakaian-pakaian yang sebenarnya tidak sesuai dengan lifestyle kamu.

Bingung lifestyle kamu seperti apa? Coba buat daftar kegiatan selama minggu. Dari daftar tersebut akan terlihat jumlah waktu yang kamu habiskan saat kerja, main, atau saat di rumah. Setelah itu, bandingkan dengan jumlah pakaian yang kamu punya. Apakah jumlah pakaian kerjamu sudah cukup atau terlalu banyak atau mungkin terlalu sedikit? (Baca juga: 8 Workwear Essentials yang Wajib Kamu Punya)

#4 Essentials

Image source: Modern Legacy

Image source: Modern Legacy

‘Essentials’ atau barang yang wajib dipunyai oleh setiap orang berbeda-beda. Hal ini juga menyesuaikan dengan lifestyle kamu. Essentials adalah pakaian yang wajib kamu punya. Ketika kamu memakainya, kamu akan merasa senang dan nyaman. Jika kamu suka memakai blazer, berarti kamu wajib memiliki beberapa blazer yang berbeda untuk kamu pakai sehari-hari. (Baca juga: Fashion Essentials Must Have For Every Woman, 4 Types of Bra Every Woman Should Have)

#5 Memperhatikan kualitas

Image source: www.weareinlovewith.com

Image source: www.weareinlovewith.com

Fast fashion memberikan dampak yang sangat buruk untuk lingkungan. Hal ini disebabkan oleh perilaku konsumerisme manusia yang lebih mengutamakan kuantitas dibandingkan kualitas. Wajar bila manusia ingin mendapatkan sesuatu yang bagus dengan harga yang murah. Namun, bukan berarti kamu harus menghabiskan uangmu untuk belanja (apalagi saat sale). Ketika belanja, pilihlah pakaian secara selektif. Apakah kamu akan memakai pakaian tersebut berulang kali? Apakah pakaian tersebut membuat kamu merasa nyaman? Jangan membeli pakaian hanya karena pakaian tersebut lagi trendy. As Vivienne Westwood said, “Buy less, choose well, and make it last.”

#6 Aksesoris

Image source: Harper's Bazaar

Image source: Harper’s Bazaar

Tambahkan beberapa aksesoris untuk memberikan keceriaan atau mempertegas penampilanmu. Beberapa aksesoris yang bisa kamu tambahkan adalah sepatu, tas, topi, syal, kalung, anting, ataupun gelang. Pilihlah aksesoris yang sesuai dengan gayamu. Tips untuk mendapatkan barang impianmu (tapi mahal) adalah mendapatkannya saat sale (hal ini berbeda dengan membeli barang yang tidak kamu butuhkan saat sale). Jika kamu sudah mengincar suatu barang tapi harganya melebihi kemampuanmu, cobalah untuk menabung untuk barang itu. Yakinkan dirimu bahwa barang tersebut worth it dan akan bertahan sangat lama. Dan salah satu hal yang harus kamu ingat adalah kamu harus realistis dengan budget yang kamu miliki.

Sudah siap untuk melakukan closet detox? Ceritakan kisah closet detox kamu di komen!

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor