Kesalahan Saat Shopping yang Harus Dihindari

Fashion News Mental Health
Background Image Source: Harper's Bazaar

Background Image Source: Harper’s Bazaar

Setelah melakukan closet detox seperti yang disarankan oleh Marie Kondo dalam bukunya yang berjudul ‘Spark Joy’, saya menemukan banyak sekali barang yang tidak pernah saya pakai sebelumnya. Ketika dihitung jumlah uang yang saya belanjakan untuk barang-barang yang tidak pernah/jarang saya gunakan, cukup sedih melihatnya. Saya bisa menggunakan uang tersebut untuk hal lain yang lebih penting (misalnya: untuk persiapan nikah).

Menghindari keinginan untuk shopping memang sangat susah (khususnya untuk shopaholic). Shopping memberikan kita kesenangan (sesaat) yang membuat kita semakin bahagia. Tapi, apakah kamu memang membutuhkan barang-barang tersebut? Belum tentu. Sebelum penyesalan itu terjadi, kamu wajib menghindari beberapa kesalahan ketika shopping berikut:

#1 Membeli barang yang tidak dibutuhkan

Buat daftar yang wajib kamu beli setiap bulan. And stick to that list. Dengan mengetahui apa kebutuhanmu, akan meminimalisir belanja barang-barang yang nggak kamu butuhkan.

#2 Tidak memiliki budget

Budgeting adalah hal yang wajib jika kamu ingin memiliki tabungan yang banyak. Setelah menerima gaji, buat daftar pengeluaran yang wajib di bulan tersebut. Gimana sih cara budgeting yang benar? Baca artikel tentang budgeting setelah menerima gaji disini. Dengan begitu kamu akan mengetahui kemana saja aliran kasmu.

#3 Membeli barang yang sama

Memiliki pakaian yang sama dengan warna yang berbeda membuat kamu merasa tidak ada yang bisa dipakai. Akan lebih baik jika kamu membeli pakaian dengan model yang berbeda agar hidupmu semakin berwarna.

#4 Membeli karena teman

Ketika berbelanja bersama teman, kamu harus hati-hati. Terutama jika teman kamu seorang shopaholic. Kamu akan cenderung lebih tidak fokus ketika berbelanja dengan teman. Temanmu pasti akan semakin memotivasi kamu untuk membeli barang yang kamu inginkan. Padahal belum tentu kamu butuh barang itu. Cobalah untuk berbelanja sendirian sekaligus “me time”!

#5 Membeli tanpa memperhatikan kualitas

Ini kesalahan yang paling sering dilakukan ketika shopping. Saya dulu termasuk yang sering melakukan ini. Karena ukuran sepatu saya super besar (41!), saya sering membeli sepatu karena ada ukuran yang saya inginkan. Namun, ujung-ujungnya, sepatu itu tidak pernah dipakai karena tidak enak. Nah, lebih baik kamu membeli sesuatu yang mahal tapi memang berkualitas dan tahan lama.

#6 Membeli barang yang hanya tren sesaat

Tren fashion sering sekali berubah. Apalagi dengan banyaknya brand yang menggunakan metode fast fashion. Zara merilis koleksi baru setiap dua minggu sekali. Dan hal ini membuat munculnya tren fashion yang hanya sesaat. Di saat pakaian yang kamu kenakan udah nggak ngetren, apa yang kamu lakukan? Cobalah untuk membeli sesuatu yang akan kamu pakai lebih dari tiga puluh kali.

#7 Belanja di saat emotional

Ketika kamu sedih atau bahagia karena alasan tertentu, kamu langsung shopping! Ini bahaya banget, girls. Karena kamu sedang emotional, kamu harus hati-hati karena bisa kalap. Always remember that shopping is not a therapy.

#8 Membeli barang yang tidak sesuai gaya hidup

3

Coba kamu perhatikan kegiatanmu selama seminggu atau sebulan. Apa aja sih yang kamu kerjakan sehari-hari? Setelah itu, bandingkan dengan tipe baju yang kamu punya di lemari. Apakah jenis baju yang kamu sudah sesuai dengan gaya hidupmu? Jika sebagian besar waktumu kamu habiskan untuk bekerja di kantor, kamu harus mempunyai baju kerja lebih banyak daripada baju untuk hangout. (Baca juga: 8 Workwear Essentials yang Wajib Kamu Punya).

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor