The True Cost Movie Review

Movies / TV

photo-original

Pada bulan-bulan liburan ini, pasti kamu bakal nemuin banyak sale di mall, hampir semua toko memberikan sale yang tinggi. Harga murah plus barang-barang branded yang bagus, siapa sih yang nggak mau? Bahkan saya membeli beberapa barang untuk saya sendiri. Barang baru akan membuat orang-orang merasa lebih bahagia, karena mereka bisa membeli barang dari hasil kerja keras mereka. Nggak ada yang salah dengan itu kan? Tapi, kalian tau nggak sih cerita yang sesungguhnya di balik baju yang kalian pakai sehari-hari? Film The True Cost memiliki jawaban untuk pertanyaan tersebut.

 

Film The True Cost merupakan sebuah film dokumenter yang menceritakan industri fashion di dunia, mulai dari pabrik, pekerjanya, sampai dampak buruk terhadap lingkungan yang disebabkan oleh industri fashion. Dalam film ini, kamu akan mengerti apa sih fast fashion itu, bagaimana industri fashion bisa memberikan dampak polusi yang tinggi yang secara perlahan menghancurkan bumi pertiwi ini, bagaimana orang-orang menderita penyakit fatal karena bahan kimia yang dipakai dalam industri ini. Sangat tidak adil bagi pekerja yang diharuskan bekerja di tempat tidak layak dengan upah minimum.

 

Beberapa pakar memberikan penjelasan dari perspektif ekonomi, lingkungan, bahkan psikologi dalam film The True Cost ini. Dalam salah satu penjelasan seorang pakar memberikan pencerahan bagi saya–bahwa kebahagiaan itu bukan dari berapa banyak barang yang bisa kita beli, tapi dari apa yang sudah kita punya.
Kamu juga akan melihat perbedaan yang sangat kontras antara betapa glamornya dunia fashion dengan buruh-buruh pabrik yang hidup dengan kondisi sangat menyedihkan (terutama buruh yang ada di Bangladesh). Setelah menonton film ini, saya sadar betapa pasifnya saya dengan apa yang saya kenakan. Lalu, dengan menonton ini, saya juga lebih sadar brand fashion mana saja yang mendukung fast fashion, saya juga menjadi lebih bijak terhadap apa yang akan saya beli. Akankah saya menggunakan pakaian ini beberapa kali? Atau mungkin saya hanya akan membeli dress lucu ini karena harganya murah, dan kalau udah nggak cocok bisa dibuang dan beli yang baru besok. Tidak sesederhana itu. Be wise before buying clothes.

 

Website: The True Cost | A Documentary Film

Watch the trailer here:

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor