Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Ecotourism

Travel Tips

pinterest-template-1

Apakah kamu tipe orang yang memilih berlibur di laut atau gunung menikmati pemandangan yang indah?

Ecotourism atau ekowisata adalah suatu bentuk perjalanan wisata ke daerah alam yang bertujuan untuk melestarikan lingkungan serta menopang kesejahteraan masyarakat setempat. Kegiatan seperti hiking, camping, menikmati indahnya lautan dan pegunungan merupakan contoh ekowisata.

Terdapat banyak hal positif dari ekowisata seperti menambah wawasan, memberikan pemasukan  kepada masyarakat lokal, dan menikmati alam tanpa merusaknya. Namun, ekowisata juga dapat berdampak negatif apabila wisatawan tidak menjaga  kelestarian lingkungan. Berikut adalah cara bagaimana kamu bisa menikmati alam tanpa merusaknya:

Educate yourself

Sebelum pergi ke tempat tujuan alangkah baiknya jika kamu membaca hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika disana. Jangan sampai kamu memberikan dampak negatif baik untuk lingkungan maupun masyarakat sekitar.

Don’t litter

Nah, ini sering banget dilakukan wisatawan. Jangan pernah meninggalkan atau mengubur sampah non-degradable seperti botol plastik, kantong plastik, atau kaleng. Apabila tidak ada tempat sampah di dekatmu, maka sampah harus dibawa dan dibuang di tempatnya. Be responsible! (Baca: Zero-Waste Shopping Essentials You Must Have)

Respect

Hormati tradisi lokal dan privasi orang setempat. Jangan melakukan hal yang tidak disukai/dibolehkan oleh masyarakat lokal. Hormati perbedaan yang ada. Apabila kamu ingin memotret seseorang alangkah baiknya untuk meminta izin terlebih dahulu.

Never buy animal products

Terutama apabila hewan tersebut merupakan hewan langka atau dilindungi. Kamu tidak mau kan berkontribusi atas punahnya suatu jenis hewan? Animals belong in the wild, take photographs only.

Be a traveler, not a tourist

Jadikan liburanmu lebih bermanfaat dengan mempelajari tradisi dan sejarah, serta pengetahuan tentang alam. Cari tahu kebiasaan masyarakat lokal dan embrace perbedaan kultur yang menarik. Dengan begitu perjalanan akan terasa lebih rewarding.

Support local economy

Dengan hal sederhana seperti membeli suvenir yang dibuat oleh warga setempat dan menggunakan jasa guide orang lokal, kamu bisa membantu perkembangan ekonomi warga setempat.

Contributors

Alliyya Lathifa

The It Girl Writer