Masker Kunyit, Resep Cantik Ala Puteri Keraton Indonesia

Skincare

masker wajah alami dari bubuk kunyit

Happy sunday!

Minggu-minggu begini enak banget deh bisa merawat wajah di rumah. Selain murah meriah, tempat udah nyaman banget dan bahan bahannya mudah banget didapetin di dapur kita. Nah kali ini salah satu bahan dapur yang juga merupakan kunci kencantikan para puteri keraton Indonesia adalah kunyit.

Girls, kunyit adalah tanaman yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan seperti opor ayam dan pepes. Namun ternyata kunyit juga mempunyai fungsi lainnya. Salah satu fungsi lainnya adalah digunakan untuk masker wajah. Tapi banyak dari kita yang nggak mau bersentuhan dengan tanaman kunyit karena membuat tangan kita kuning dan susah untuk menghilangkan warna kuning tersebut. Eits, jangan kawatir kamu cukup menggunakan sarung tangan untuk melindungi tanganmu. Sudah siap untuk meracik bumbu masker kunyit?

8902844_f520

Cara membuat masker kunyit cukup mudah. Kunyit dikupas lalu dicuci hingga bersih. Kemudian kamu bisa memilih kunyit dapat diparut, ditumbuk atau diblender hingga halus. Langkah selanjutnya adalah mencampur bahan lain seperti jeruk nipis, susu atau madu secukupnya. Ramuan masker kunyit dapat langsung diaplikasikan pada bagian tubuh yang diinginkan. Lalu diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air hangat.

yogurt-turmeric-face-mask-for-glowing-skin-760x428

Tuh kan masker kunyit itu memang sudah digunakan sejak dahulu kala, konon para puteri keraton juga menggunakan kunyit sebagai salah satu bumbu utama untuk masker ataupun lulur lho. Selain itu kunyit juga telah dikenal di seluruh dunia sebagai salah satu tanaman atau tumbuhan yang dapat berfungsi untuk membuat wajah atau bagian kulit tubuh kita semakin sehat dan segar. Nah, berikut adalah manfaat masker kunyit untuk kecantikan ala The It Girl:

  • Mengobati jerawat dan mengatasi kulit berminyak

Kunyit mengandung antioksidan yang dapat mengatasi masalah jerawat. Selain itu kunyit juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri sehingga membuat kulit menjadi halus dan bebas jerawat. Masker kunyit selain dapat membantu membersihkan bekas jerawat dan peradangan, dapat juga mengurangi sekresi minyak dan sebum pada pori-pori kulit.

1413706222

  • Mencegah penuaan dini

Penuaan dini adalah hal yang menakutkan bagi wanita, ditandai oleh timbulnya kerutan-kerutan di wajah. Kandungan nutrisi yang ada di dalam kunyit dapat memperlambat proses penuaan dan kerutan di wajah.

978576-agonyofageing-1445675532

  • Mengangkat sel kulit mati

Kandungan yang ada dalam kunyit dapat melepaskan sel kulit mati dengan lembut tanpa membuat kulit iritasi, membuat kulit menjadi cerah dan bersih. Dapat juga digunakan untuk melembutkan kulit yang mudah kering seperti bagian tumit dan siku.

sel-kulit-mati

Gimana? Sudah tidak sabar untuk mencoba ramuan ini kan. Langsung aja yuk ajak mama ataupun suadara perempuan kita untuk membuat masker kunyit. Sebelum besok senin kembali lagi melaksanakan aktivitas sehari-hari yang bisa membuat wajah kita lesu. Selamat mencoba ya girls!

Contributors

Alliyya Lathifa

The It Girl Writer