Mengembalikan Semangat Kerja yang Hilang Setelah Liburan

Work & Finance
Image source: http://becauseimaddicted.net

Image source: http://becauseimaddicted.net

Liburan telah usai, saatnya kembali ke pekerjaan. Rasa lelah yang didapat setelah liburan menjadi penyebab sedikitnya semangat untuk bekerja. Lalu, bagaimana caranya untuk kembali semangat kerja? Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan semangat kerjamu.

 

#1 Membuat to-do list. Setelah liburan (apalagi liburan yang panjang), pikiran kita mungkin sedang dalam masa transisi dari liburan menuju mode bekerja. Mungkin juga kita akan merasakan kesusahan untuk menentukan apa yang harus dikerjakan. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat daftar pekerjaan yang harus dikerjakan dan fokus untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kamu juga bisa membuat bullet journal untuk meningkatkan produktivitas!

 

#2 Membuat prioritas. Dari daftar pekerjaan yang kamu buat, bagi pekerjaan tersebut menjadi empat kategori: penting + sangat segera, tidak penting + sangat segera, penting + tidak mendesak, tidak penting + tidak mendesak. Dengan memprioritaskan pekerjaanmu, kamu bisa lebih semangat bekerja karena kamu mengetahui mana yang harus didahulukan.

 

#3 Menghindari gangguan. Agar kamu semakin fokus menyelesaikan pekerjaanmu, cobalah untuk menghindari gangguan. Terutama notifikasi yang muncul dari hp kamu. Matikan hpmu untuk sementara waktu. Tidak perlu terlalu lama, cukup dua puluh menit untuk membuatmu menyelesaikan tugas.

 

#4 Rapikan meja kerjamu. Kaget dengan disposisi yang menumpuk di meja? Jangan panik dulu. Rapikan semua barang di mejamu untuk meningkatkan semangat kerjamu. Jika kamu bingung mana dulu yang harus dirapikan, mungkin teknik Marie Kondo bisa membantumu. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi baru agar meja kerjamu terlihat lebih fresh!

 

#5 Motivasi dirimu. “Success is not for the lazy!” Quotes ini bener banget, girls. Kesuksesan seseorang tidak untuk orang yang malas. Oleh karena itu, cobalah untuk mengembalikan semangat kerjamu setelah liburan. Memang tidak gampang untuk melakukannya, tapi kamu harus mencoba untuk memotivasi dirimu sendiri. Seperti contoh, kamu ingin liburan ke Santorini. Tapi kalau kamu malas, kamu tidak bisa membiayai liburanmu kesana. Jadi, kamu harus rajin kerja supaya kamu bisa ke Santorini.

 

#6 Olahraga. “Setelah liburan kan capek? Kok malah olahraga?” Betul. Setelah liburan, memang kita akan sangat lelah. Namun, dengan olahraga ringan, kamu bisa meningkatkan hormon yang membuat kamu semakin bahagia. Dengan begitu, kamu akan semakin semangat ketika bekerja. Malas ke gym? Kamu bisa lakukan beberapa olahraga di rumah.

 

Apakah kamu sudah mengembalikan semangat kerjamu? Let us know!

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor