Menolak Undangan dengan Cara Sopan

Work & Finance
Menolak Undangan dengan Cara Sopan

Photo: instagram.com/goodheartdesign

Tiba-tiba ada undangan dari teman, dan ternyata kamu tidak bisa hadir karena kamu udah pesan tiket, hotel, dll untuk liburan.

 

Padahal acara itu sangat penting untuk temanmu.

 

Kamu bingung harus bagaimana untuk menolak undangan tersebut tanpa harus menyakiti perasaan temanmu.

 

Tenang. Wajar bila kamu tidak bisa menghadiri, dan kamu tidak perlu pusing memikirkan seribu alasan untuk menolak undangan itu. Temanmu akan sangat menghargaimu jika kamu memberikan respons yang cepat dalam menjawab undangannya.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk menolak undangan dengan cara yang sopan:

Tidak Membiarkan Undangan

Saat menerima undangan dan kamu tahu bahwa kamu tidak bisa hadir, kamu harus memberitahu bahwa kamu tidak bisa atau berhalangan untuk hadir. Membiarkan undangan menunjukan kamu tidak tahu tentang etika.

 

Segera Menjawab

Agar tidak menyusahkan orang yang mengundang, segera jawab undangan yang diberikan kepadamu. Sebuah pesta atau acara membutuhkan planning & biaya, oleh karena itu usahakan untuk tidak menyusahkan orang lain karena kamu tidak segera menjawab undangan.

 

Mengucapkan Terima Kasih

Sebelum menolak undangan, katakan terima kasih kepada orang tersebut karena telah diundang. Dengan begitu, orang yang mengundang tidak akan kecewa saat kamu menolak undangannya.

 

Tidak Bertele-Tele

Saat kamu ingin menyampaikan alasanmu tidak bisa hadir, jelaskan secara singkat, padat dan jelas. Kamu tidak perlu menjelaskan secara rinci karena akan terkesan kamu mencari-cari alasan supaya tidak hadir di acara itu.

 

Perhatikan Penggunaan Kata

Menolak undangan bisa dilakukan melalui telpon, bicara langsung, whatsapp, line, e-mail, atau semacamnya. Saat mengutarakan bahwa kamu tidak bisa menghadiri acara itu, atur dulu kata-kata yang ingin kamu ucapkan. Jangan sampai kata-katamu menyakiti perasaan atau menyinggung orang yang mengundangmu.

 

Kirim Hadiah

Jika acara yang tidak bisa kamu hadiri memungkinkan kamu untuk memberikan hadiah (contoh: acara ulang tahun, bridal shower, baby shower, pernikahan, dst), kirim hadiah meskipun kamu tidak bisa menghadiri. Dengan memberikan hadiah, kamu dianggap memberikan perhatikan meskipun tidak hadir.