Poin-poin yang Wajib Kamu Perhatikan Sebelum Reservasi di Airbnb

Travel Tips

ini-nih-yang-wajib-kamu-perhatikan-sebelum-melakukan-reservasi-di-airbnb

Di jaman yang serba online, segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah karena kita bisa melakukan hampir semuanya melalui smartphone yang kita punya. Buat yang hobi jalan-jalan, pasti pernah mendengar Airbnb. Secara garis besar, Airbnb adalah pihak ketiga yang menjembatani siapapun yang ingin menyewakan rumah atau kamarnya dengan penyewa. Mungkin selama ini masih banyak yang takut untuk menyewa kamar/rumah melalui airbnb. Terpercaya nggak ya? Aman nggak? Mungkin beberapa pertanyaan itu pernah terbesit di pikiranmu. Don’t worry, here are some points you have to consider before booking your reservation through Airbnb:

#1 Negara tujuanmu

Sebelum melakukan reservasi, sebaiknya kita browsing tentang keamanan bagi pendatang di negara tempat tujuan kita, keramahan penduduk setempat, dan tingkat kriminalitas. (Baca: Tips For Travelling Alone). Hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar, karena Airbnb adalah jasa dimana kita akan menyewa tempat tinggal penduduk lokal negara tersebut. Akan lebih baik dan aman jika melakukan reservasi di negara dengan tingkat kriminalitas yang rendah.

#2 Melakukan research yang cukup tentang tempat tujuanmu

Setelah memastikan keamanan negara tujuan, kamu juga harus melakukan research tentang kota tempat tujuan kamu akan tinggal. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, contohnya: jarak antara tempat tinggal dengan stasiun, halte, atau akses transportasi terdekat. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan apakah tempat kamu tinggal terjangkau dari tempat-tempat tujuan yang hendak kamu kunjungi atau tidak.

#3 Perhatikan rating host Airbnb tersebut

Pada saat memilih tempat tinggal di Airbnb, selain foto-foto tempat tinggal, juga akan ditampilkan rating host dan kesan dari beberapa tamu yang pernah menyewa tempat tinggal tersebut. Semakin tinggi ratingnya, maka semakin terpercaya ‘host’ atau pemilik tempat. Sebaiknya kamu membaca komentar (jika ada) dari tamu-tamu sebelumnya. Hal ini penting sebagai pertimbangan.

#4 Perhatikan detail fasilitas

Salah satu kelebihan dari Airbnb ini adalah website ini menuntut host untuk memaparkan secara spesifik keadaan tempat tinggal. Seperti ketersediaan pendingin atau penghangat ruangan, air panas, mesin cuci, wifi, boleh/tidak merokok, sampai dengan detail keadaan di sekeliling tempat tinggal apakah cenderung berisik atau tidak. Jadi pastikan sebelum melakukan reservasi, kamu perhatikan logo-logo fasilitasnya ya!
Poin-poin diatas sekilas tampak merepotkan. Keuntungan yang didapat dengan reservasi melalui Airbnb juga sangat banyak (apabila kita benar-benar cermat). Selain harga sewa yang jauh lebih murah dibanding dengan hotel, juga fasilitas yang biasanya lengkap seperti dapur dan mesin cuci. It will ease your vacation. Have fun trying!

Contributors

Karlina Wahyu Kristiani