Siklus ‘bulanan’ itu gimana sih?

Physical Health

8facf06998fa5d6ea3a9556fc26202f6

Umumnya siklus menstruasi terjadi secara periodik setiap 28 hari (ada pula setiap 21 hari dan 30 hari) yaitu sebagai berikut: setelah terjadi menstruasi pada hari 1 sampai hari ke-14 terjadi proses oogenesis dimana pertumbuhan dan perkembangan folikel yang dirangsang oleh hormon FSH (folikel stimulated hormon). Folikel ini juga menghasilkan hormon estrogen yang berfungsi merangsang perbaikan dinding uterus yaitu endometrium yang habis terkelupas waktu menstruasi. Kondisi ini secara psikologis membuat seorang perempuan merasa lebih percaya diri, dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari.

Pada hari ke-14 estrogen menghambat pembentukan FSH dan memerintahkan hipofisis menghasilkan LH (Luteizing hormon) untuk mengadakan ovulasi. Selain itu, LH merangsang folikel menghasilkan hormon progesteron dalam jumlah rendah yang berfungsi mempertebal lapisan endometrium yang kaya dengan pembuluh darah untuk mempersiapkan datangnya embrio. Periode ini merupkan masa subur seorang perempuan dan diikuti dorongan seksual semakin meningkat dibanding masa-masa sebelumnya,

Progesteron juga berfungsi menghambat pembentukan FSH dan LH, akibatnya korpus luteum mengecil dan menghilang, meningkatnya produksi progesteron yang merupkan hormon kunci kehamilan mengakibatkan kelenjar lactiferus melebar yang membuat payudara mengencang dan sakit bila disentuh. Periode ini sering dikenal dengan masa PMS (Pre Menstruasi Syndrome) dimana pada periode ini suasana hati perempuan jadi berubah-ubah dan moodnya tidak stabil serta biasanya diikuti meningkatnya nafsu makan.

Berhentinya produksi progesteron dan menurunnya kadar estrogen dalam tubuh mengakibatkan pemberian nutrisi kepada endometrium terhenti, endometrium menjadi mengering dan selanjutnya akan terkelupas dan terjadilah perdarahan (menstruasi) pada hari ke-28. Fase ini disebut fase perdarahan atau fase menstruasi. Periode ini dimana kadar hormon  menjadi rendah mengakibatkan tubuh menjadi cepat lemas dan timbulnya rasa ingin tidur.

2dbf58f4e5db8a1f45149420a0870839

image source: 1, 2

Tags: , ,

Contributors

Pratiwi Putri Anugerah

Co-Founder & Editor

dr. Yohanes Widodo

Dokter Umum Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL Palu