The Best Packing Tips

Travel Tips

Sebelum sering berpergian, rasanya sangat kewalahan jika harus packing. Dan karena sekarang sering berpergian, kadang bisa tiba-tiba pergi di hari itu juga, mau nggak mau harus bisa packing secara kilat. Namun, sekarang saya sudah bisa menerapkan sistem packing yang cocok ketika harus traveling. Karena packing yang benar akan memberikan dampak yang baik ketika kamu sedang liburan. Lalu, bagaimana sih caranya sih packing yang benar?

#1 Rencanakan jumlah baju yang akan kamu bawa

Image source: pinterest.com

Image source: pinterest.com

Apakah kamu tipe orang yang memasukkan semua pakaian dalam tas meskipun tidak semuanya akan dipakai? Daripada keberatan beban karena baju terlalu banyak, coba rencanakan apa saja yang akan kamu pakai dari hari pertama sampai hari terakhir. Menghemat tempat dan bagasi.

#2 Mulailah packing beberapa hari sebelum kamu berangkat

Mungkin packing bukan hal favorit kamu. Saya pun kadang sangat malas untuk packing. Tapi, jika kamu packing secara kilat, kemungkinan untuk melupakan bawaan akan semakin tinggi. Jadi, lebih baik jika kamu packing jauh hari sebelum berangkat. Mungkin seminggu sebelum, atau tiga hari sebelumnya.

#3 Pilih tema warna & jenis pakaianmu yang sesuai dengan tempat yang akan kamu kunjungi

Ini penting banget buat (sebagian besar) millenial: foto yang instagrammable. Supaya foto kamu instagram-worthy, tentukan warna apa yang kira-kira cocok dengan warna yang akan kamu kunjungi. Misalnya, kamu akan mengunjungi pantai dengan pasir putih dan laut yang biru dan bening, kamu akan cocok memakai baju yang berwarna cerah atau tidak biru karena akan sama dengan warna laut.

#4 Lipat pakaianmu dengan teknik konmari untuk menghemat tempat di koper

blair-eadie-atlantic-pacific-blogger-travel-style-packing-tips-steamline-luggage

Image source: the-atlantic-pacific.com

Ini penting banget, girls. Selama ini, mungkin kita hanya memindahkan pakaian dari lemari langsung ke tas tanpa memikirkan bahwa lipatan pakaian tersebut ternyata sangat menghabiskan tempat. Teknik melipat baju ala Konmari akan sangat menghemat tempat di koper dan juga menjaga baju tetap rapi.

#5 Sediakan tempat khusus untuk pakaian dalam

Agar lebih rapi, tempatkan celana dalam dan bra pada tempat khusus. Hal ini dilakukan supaya underwear tidak berserakan saat di dalam koper.

#6 Usahakan untuk membawa skincare atau kosmetik dalam ukuran travel-size

Tidak perlu membawa satu liter botol sabun, sampo, atau lainnya karena akan menambah beban bagasimu. Jika kamu pergi hanya untuk tiga hari, atau kurang dari seminggu, lebih baik produk-produk kecantikan dipindahkan ke wadah yang lebih kecil.

#7 Taruh kosmetik, skincare, dan bodycare dalam tempat yang terpisah

gmg-truffle-5675

Image source: galmeetsglam.com

Jika kamu membawa banyak produk kecantikan, kamu bisa membaginya menjadi tiga bagian: makeup, skincare, dan perlengkapan mandi. Hal ini akan memudahkanmu mencari produk yang kamu inginkan.

#8 Simpan sepatu di dustbag atau tempat khusus agar tidak mengotori kopermu

Sepatu sangat menyita sebagian besar tempat di dalam kopermu. Belum lagi, sepatu dapat membawa debu dan kotoran jika tidak disimpan dengan baik. Oleh karena itu, simpan sepatumu dalam tempat khusus.

#9 Jangan taruh barang berharga di dalam koper

Simpan barang-barang berharga seperti perhiasan, uang, dan dokumen di dalam tas yang selalu kamu bawa. Hal ini mencegah oknum-oknum yang ingin mencuri barang-barang berhargamu.

#10 Sediakan pakaian tambahan dan simpan di tas jinjing hanya jika tiba-tiba penerbangan dibatalkan atau ditunda

Image source: Pinterest.com

Image source: Pinterest.com

Berdasarkan pengalaman yang sudah didapat, lebih baik membawa tas berisi ‘essentials’ kamu sehari-hari. Jika tiba-tiba penerbanganmu ditunda atau dibatalkan, kamu sudah siap dan kamu akan terlihat tetap segar selama menunggu penerbanganmu. (Baca juga: What To Pack On Your Carry-On)

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor