6 Tips Atasi Datang Bulan

Healthy Living

mengatasi pms

 

Ketika tamu bulanan datang, badan kita terasa lemah karena terjadi pendarahan atau biasa disebut menstruasi. Agar tetap semangat menjalani aktivitas dan mengurangi dampak negative yang terjadi pada masa haid ada beberapa tips sebagai berikut:

 

  1. Pada saat haid biasanya disertai kram perut, karena kontraksi dinding otot uterus. Untuk mengurangi kram perut dapat di kompres dengan air hangat dengan suhu 35-45 0C dan kurangi konsumsi produk susu dan olahannya seperti keju, yoghurt dan ice cream yang dapat meningkatkan kontraksi di perut. Bila nyeri masih dirasakan bisa mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit jenis nonsteroid anti infalmation Tapi dengan dosis yang tidak berlebihan.
  2. Berolahraga dapat meningkatkan aliran oksigen dalam tubuh sehingga fisik menjadi segar dan psikis menjadi lebih bersemangat serta membuat otot-otot tubuh mengalami relaksasi.
  3. Yoga dapat juga dilakukan pada saat haid karena dapat membuat tubuh rileks dan melenturkan otot-otot sekitar perut. Bernapas dalam-dalam selama melakukan pose yoga juga dapat membantu otot untuk rileks, termasuk otot uterus.
  4. Kurangi konsumsi asam lemak jenuh seperti daging karna akan menigkatkan kadar estrogen yang dapat mengakibatkan timbulnya gejala PMS. Cukupkan makan sayur agar kebutuhan serat terpenuhi serta konsusmi sayur seperti kangkung dan bayam akan menigkatkan dosis vitamin K yang diperlukan untuk mengurangi pendarahan yang berlebihan.
  5. Banyak minum air agar menghindari terjadinya dehidrasi karena perdarahan dan mengurangi kram perut.
  6. Mengkonsumsi coklat dapat mempengaruhi stabilitas mood. Pilihlah coklat dengan kadar cacao 6% atau lebih dikenal dengan dark chocolate karena coklat mengadung hormon serotonin yang merupakan hormon yang memproduksi perasaan senang.

 

pms

 

image sourceimage source 2

Contributors

Pratiwi Putri Anugerah

Co-Founder & Editor

dr. Yohanes Widodo

Dokter Umum Balai Kesehatan Pangkalan TNI AL Palu