Keuntungan dari Berlatih Yoga Secara Rutin

Physical Health

pinterest-template-abu-abu-1

Yoga sering dianggap sebagai olahraga yang kurang menantang dan bikin ngantuk karena cuma ‘gitu-gitu’ aja gerakannya. Eits, jangan salah dulu. Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh dari yoga meskipun gerakannya terlihat kurang menantang jika dibandingkan dengan body pump, TRX, atau body combat.

 

Jika kamu males pergi ke gym, kamu bisa melakukan yoga di rumah karena kamu hanya perlu matras yoga (dan niat). Lakukan yoga dengan rutin, kira-kira seminggu empat sampai lima kali dan rasakan manfaat-manfaat berikut:

#1 Kualitas tidur meningkat

Setelah Yoga, badan merasa lelah dan rasanya ingin cepat-cepat istirahat. Namun, saat bangun rasanya seger banget. Tidur terasa sangat nyenyak–bahkan tidak mimpi sama sekali (kata penelitian, tidur yang berkualitas itu ketika bisa tidur tanpa mimpi).

 

#2 Badan menjadi lentur

Yoga membuat badan menjadi lebih lentur. Kelenturan tidak mungkin bisa dirasakan setelah pertama kali yoga. Agar semakin lentur, harus rutin melakukan yoga seminggu minimal tiga atau empat kali. Keuntungan memiliki badan lentur adalah memudahkan kita untuk bergerak sehari-hari dan tidak membuat badan gampang sakit.

 

#3 Menguatkan otot

Melihat master yoga melakukan pose aneh-aneh terlihat sangat mudah, namun ketika mencobanya rasanya mau mati. Ternyata yoga nggak semudah itu kan? Dengan rutin yoga, kamu bisa memperkuat otot tubuhmu. Apakah orang dengan berotot besar itu lebih kuat daripada yang otot biasa aja? Belum tentu! Pengalaman saya ketika ikut kelas yoga, ada cowok yang memiliki otot semacam Ade Rai ikut dalam kelas Yoga namun ketika harus melakukan pose-pose tertentu, cowok tersebut kesulitan. Sedangkan ibu-ibu dengan badan yang biasa-biasa aja dan cenderung berlemak ternyata lebih kuat daripada cowok itu loh!

 

#4 Memperbaiki postur tubuh

Yoga bisa membuat postur badanmu menjadi lebih baik. Nggak percaya? Ada kisah nyata nih girls. Ada seorang nenek yang bongkok banget, dan dia rutin yoga (tentunya didampingi instruktur). Dan sekarang nenek tersebut postur badannya jauh lebih baik daripada sebelumnya. Lebih tegak dan terlihat lebih sehat. Nah, buat kamu yang suka duduk aja di depan komputer atau merasa tulang suka nyeri, kamu wajib ikut yoga.

 

#5 Menjadi lebih bahagia

Selain lari, rutin melakukan yoga juga membuat kamu lebih bahagia. Nggak cuma itu loh, karena kamu semakin hepi, kekebalan tubuhmu juga meningkat.

 

#6 Membuatmu terlihat lebih muda

Ini nih yang paling ditunggu-tunggu (khususnya untuk perempuan umur 25 tahun ke atas, hehe). Rutin melakukan yoga dapat meningkatkan hormon yang tetap membuat kita muda dan memperlambat proses penuaan. Apabila kamu ingin awet muda, kamu harus rutin melakukan yoga sebanyak empat sampai lima kali dalam seminggu. Seiringnya waktu berjalan, masa otot tubuh akan berkurang sebanyak 15% setiap sepuluh tahun sekali. Tapi, jika kamu rutin yoga, di saat umurmu sudah 60 tahun kamu masih memiliki badan sama seperti umurmu di saat 20 tahun. Nggak heran deh kalo Anjasmara masih tetep ganteng (padahal udah punya cucu).

 

#7 Meningkatkan fokus

Yoga dapat meningkatkan level fokus pikiranmu. Pada saat melakukan yoga, pikiranmu harus fokus terhadap apa yang kamu dilakukan agar kamu bisa melakukan pose yoga dengan seimbang. Dengan fokus yang lebih baik, pikiranmu tidak mudah teralihkan untuk hal-hal lainnya.

 

#8 Meningkatkan keseimbangan tubuh

Berlatih yoga secara rutin dapat meningkatkan proprioception (kemampuan untuk merasakan apa yang sedang tubuhmu lakukan dan merasakan keberadaan tubuh) dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Dengan meningkatkan keseimbangan tubuh, maka kemungkinan untuk sakit di bagian punggung dan lutut akan berkurang.