Cara Membersihkan Muka Dengan Benar

Skincare
Wash your face properly - cara membersihkan muka dengan benar

image by: globallasercosmetics.com

Membersihkan muka sebelum dan sesudah tidur adalah rutinitas yang wajib dilakukan. Membersihkan muka memang terlihat seperti kegiatan yang sederhana dan cepat. Padahal, untuk menjaga kulit kamu agar tetap cantik, membersihkan muka dengan pembersih muka nggak cukup loh, girls! Terdapat beberapa langkah yang wajib kamu lakukan agar kulit kamu tetap sehat, awet muda, dan cantik:

Step #1

Cuci tanganmu terlebih dahulu sebelum membersihkan mukamu (WAJIB). Lalu, hapus makeup yang seharian kamu pake dengan makeup remover. Banyak sekali makeup remover yang bisa kamu pakai, mulai dari yang murah sampai mahal. Meskipun kamu nggak pakai makeup, kamu tetep harus membersihkan mukamu dari kotoran-kotoran yang menempel. Gunakan cleansing milk dengan kapas, bersihkan wajahmu secara halus hingga bersih.

Step #2

Membersihkan muka dengan makeup remover atau cleansing milk saja nggak cukup loh! Setelah membersihkan muka dari makeup dan kotoran, kamu juga wajib mencuci mukamu dengan pembersih muka. Gunakan pembersih muka yang sesuai dengan tipe kulit mukamu. Selain itu, usahakan untuk membersihkan muka dengan air hangat agar semua kotoran hilang total. Kemudian, keringkan mukamu dengan handuk yang bersih atau tisu. Usahakan untuk tidak menggosok terlalu keras agar kulitmu tidak rusak serta mencegah munculnya keriput.

Step #3

Setelah muka bersih, gunakan toner pada wajah, fokuskan pada titik-titik dengan minyak yang paling bandel untuk dibersihkan. Menggunakan toner dapat membersihkan muka semakin bersih, terutama jika kamu suka berkeringat. Toner yang bagus dapat membantu menyeimbangkan pH kulitmu.

Step #4

Sebelum menggunakan pelembap, gunakan serum pada kulit wajahmu. Serum sangat bermanfaat bagi mukamu, supaya pelembap yang kamu gunakan setelah serum dapat bekerja lebih baik. Pilihlah serum yang sesuai dengan tipe kulit atau masalah kulit yang kamu punya, contohnya: anti-aging, moisturizing, jerawat, dsb. Banyak sekali serum high-end dengan harga yang mahal, tapi kamu nggak perlu menghabiskan uangmu untuk serum mahal. Banyak serum dengan kualitas bagus tapi nggak bikin kantongmu bolong.

Step #5

Langkah terakhir adalah menggunakan moisturizer atau pelembap. Pelembap kulit berfungsi melembapkan kulitmu, meskipun kulitmu cenderung berminyak, tetap harus pakai pelembap untuk mengontrol produksi minyak di kulitmu. Jangan lupa menggunakan night cream, agar kulitmu tampak lebih indah dan sehat ketika kamu bangun. Dan yang paling penting, gunakan eye cream untuk melembapkan kulit di sekitar mata, karena kulit di sekitar mata adalah kulit yang paling tipis dan yang paling membutuhkan pelembap.

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor