Hal-hal Yang Harus Kamu Ketahui Setelah Lulus Kuliah

image by: palmerdani.wordpress.com

image by: palmerdani.wordpress.com

Wisuda adalah salah satu pencapaian terbaik dalam hidup kita. Memakai toga dan mendapatkan ijazah adalah bayaran yang sesuai dengan jerih payah ketika mengerjakan skripsi. Memakai kebaya yang cantik baik yang dipesan khusus untuk wisuda atau menggunakan pinjaman, menggunakan makeup dan sanggul yang anggun, kita merasa senang sekali untuk pencapaian sekali (atau berkali-kali) dalam seumur hidup. Ucapan selamat membanjiri pesan di hp kamu, dan kita merasa, “Lega, akhirnya bisa selesai kuliah.” Wisuda memang euforia sesaat, tapi apa yang harus kamu lakukan setelah wisuda? Sebelum kamu wisuda, kamu wajib mengetahui kehidupan setelah wisuda.

 

#1 Pekerjaan pertamamu mungkin tidak sesuai dengan impianmu

Semasa kuliah, mungkin kamu sering berkhayal tempat dimana kamu bakal bekerja, menjadi apa di tempat kerjamu. Kenyataannya, setelah lulus kamu bakal apply pekerjaan di berbagai tempat dan ternyata kamu mendapatkan posisi di tempat yang tidak kamu impikan sebelumnya. Jika kamu mendapatkan pekerjaan yang sesuai impianmu, pastinya kamu beruntung banget. Tapi bukan berarti impianmu hancur ketika kamu mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai, mungkin kamu harus menjalani pekerjaan pertamamu di tempat yang tidak kamu sangka ini. Good luck.

 

#2 Pekerjaanmu tidak sesuai dengan jurusanmu

Kamu mempelajari teori dan praktek sesuai pilihan jurusanmu sewaktu kuliah. Setelah susah payah belajar untuk mendapatkan IPK yang bagus, dan lulus dengan nilai memuaskan, ternyata pekerjaan pertamamu setelah lulus tidak sesuai dengan apa yang telah kamu pelajari. Atau bahkan sama sekali tidak ada hubungannya dengan jurusanmu. Kamu belajarnya biologi, tapi ternyata pekerjaan pertamamu menjadi teller di Bank. Eits, jangan sedih dulu. Pekerjaan yang tidak sesuai dengan jurusanmu bukan berarti tanda-tanda masa depan suram loh.

 

#3 Realita kehidupan setelah lulus lebih menyenangkan daripada apa yang kamu dengar

Banyak orang dewasa yang bilang ke kamu jika dunia yang sesungguhnya itu lebih kejam, lebih suram, dan sebagainya. Itu hanya bagian dari hidup semata. Kalau kamu ingin lebih maju, pastinya bakal banyak cobaan. Enaknya setelah lulus itu, kamu nggak perlu lagi stress gara-gara tugas akhir atau skripsi. Banyak hal yang bisa kamu cobain setelah lulus. Enak kan?

 

#4 Selalu ada teman yang sukses lebih cepat daripada yang lain

Jika kamu perhatikan, setelah lulus kuliah ada satu atau dua temenmu yang karirnya meroket setinggi-tingginya. Mereka bisa membeli rumah, mobil, atau apapun yang kamu juga inginkan dengan mudah. Kamu mungkin sedikit iri dengan mereka, tapi jangan rasa iri hati membuat kamu terjebak dalam perbandingan. Mungkin mereka yang lebih sukses telah bekerja keras untuk mendapatkan semua itu. Pelajari mereka yang lebih sukses dan terapkan pada kehidupan sehari-hari. Dengan begitu kamu bisa menjadi sukses lebih cepat.

 

#5 Tetap belajar, meskipun sudah lulus

Wisuda bukan berarti akhir dari proses belajarmu. Kamu nggak harus kuliah S2 untuk belajar lagi. Pelajari hal-hal yang tidak diajarkan di kampusmu sebelumnya untuk menambah nilai plus di CVmu. Banyak hal yang bisa kamu pelajari setelah kamu lulus, seperti public speaking, belajar untuk bernegosiasi dengan orang lain, atau presentasi. Jangan anggap dengan lulus wisuda kamu telah menguasai segala ilmu karena hal tersebut akan membuat seseorang merasa paling benar. Umur juga bukan halangan untuk menambah wawasan. Hard skill memang penting, tapi soft skill nggak kalah pentingnya loh. So, keep learning!

 

#6 Setiap hari adalah interview

Setelah lulus, hal yang paling dicari-cari adalah bursa kerja, ya nggak? Semua booth di bursa kerja yang menawarkan pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja sesuai jurusanmu (ataupun tidak), kamu apply ke semua tempat. Dan ternyata, kamu mendapatkan panggilan interview yang banyak sekali. Itu hal yang normal karena kamu adalah seorang opportunist yang ingin mendapatkan pekerjaan dan tidak ingin dibilang pengangguran. (Baca: 6 Tips For Successful Job Interview, What To Wear On Job Interview)

 

#7 You don’t always to do full-time jobs

Ternyata, setelah kamu lulus, kamu nggak harus loh bekerja secara full-time di suatu perusahaan. Kalau kamu tipe orang yang nggak bisa duduk seharian di depan komputer mengerjakan sesuatu yang tidak kamu suka, then don’t do it! Ada banyak pilihan selain pekerjaan full-time, seperti part-time atau menjadi seorang freelancer. (Baca: Tips Sukses Buat Kamu Yang Ingin Menjadi Freelancer)

 

#8 Networking itu penting

Mungkin kamu pernah menganggap teman di kampusmu nggak penting, nggak populer atau cukup kece untuk menjadi temanmu. Tapi ternyata, temen yang nggak kamu anggap penting menjadi orang yang penting dengan koneksi yang luas (mungkin menjadi pejabat, atau pengusaha sukses) setelah lulus kuliah. Dan kamu membutuhkan dia untuk membantumu. Menjalin hubungan dengan teman lama itu penting loh, tapi bukan berarti kita mau berteman dengan siapapun karena mungkin suatu saat orang tersebut menjadi penting. Berteman dengan semua orang itu baik-baik aja loh.

 

#9 Revisi CV-mu

Mungkin untuk beberapa dari kamu, menganggap CV itu nggak terlalu penting karena yang penting adalah ada biodata, pengalaman, dan pendidikan. Oops, kamu baru saja membuat kesalahan yang besar! CV adalah kuncimu lolos ke tahap selanjutnya ketika kamu mendaftar pekerjaan. (Baca: How to Make Your CV Looks Better)