Hal yang Harus Kamu Perhatikan Untuk Mendaftar Ke Perguruan Tinggi

pinterest-template-2

Mendaftar perguruan tinggi bisa dibilang lebih rumit karena setiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda. Agar kamu berhasil diterima di perguruan tinggi favoritmu, kamu harus perhatikan beberapa hal berikut:

#1 Find your passion & talent

Pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion dan bakatmu. Jangan sampai kamu salah jurusan, dan tidak bisa mendapatkan nilai maksimal saat kuliah. Kalau bakatmu adalah melukis, jangan kuliah di kedokteran. Namun, apabila bakatmu tidak sesuai dengan passion, kamu bisa membicarakan dengan orang tuamu.

 

#2 Persiapan

Setelah kamu menentukan jurusan yang kamu pilih, mulailah mencari universitas yang memiliki reputasi bagus pada jurusan pilihanmu. Pilihlah beberapa jurusan untuk jaga-jaga. Selain itu, meskipun tes persiapan masuk masih lama, kamu wajib mempersiapkan semuanya untuk hasil yang maksimal.

 

#3 Bimbel atau belajar sendiri

Pilihan untuk belajar sendiri atau mengikuti bimbel (bimbingan belajar) tergantung pada cara belajarmu. Apabila kamu lebih suka belajar kelompok, dan memang membutuhkan bantuan dari tutor, berarti kamu wajib ikut bimbel. Pilihlah tempat bimbel yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada tempat bimbel yang menjanjikan garasi seratus persen masuk universitas pilihanmu dengan bayaran yang sangat mahal. Sebetulnya, tidak harus yang mahal karena banyak tempat bimbel yang bagus dengan harga terjangkau. Tapi kalau memang ingin yang mahal, boleh-boleh aja kok.

 

#4 Cari tau tanggal penting

Setiap universitas memiliki tanggal yang berbeda saat pendaftaran. Kamu harus mencari tahu tanggal pendaftaran setiap universitas pilihanmu. Jangan sampai ternyata tanggal tesnya pendaftaran ada yang bersamaan. Selain itu, pastikan kamu harus up-to-date tanggal pengumuman. Kamu tidak ingin kan kalau ternyata kamu missed pengumuman.

 

#5 Melengkapi berkas

Berkas adalah hal yang sangat penting saat pendaftaran. Siapkan beberapa map sekaligus beserta fotokopi dokumen-dokumen penting yang sekiranya dibutuhkan. Jangan lupa untuk scan dokumen penting karena sekarang sudah banyak yang menerapkan sistem pendaftaran secara online. Taruh softcopy dokumenmu di cloud, seperti google drive atau dropbox agar mudah ketika mengakses.

 

#6 Jangan menunggu teman

Banyak nih yang suka daftar bareng teman se-geng. Boleh-boleh aja sih, tapi jangan sampai kamu dirugikan karena harus menunggu teman yang lama banget. Kamu harus menegaskan kepada teman-temanmu apabila kamu ingin daftar sendiri karena kesempatan bisa hilang begitu kamu terlewat.

 

#7 Rencana alternatif

Mendaftar perguruan tinggi memang tidak semudah daftar sekolah saat TK (yaiyalah!). Saat kamu mendengar pengumuman bahwa kamu tidak diterima, jangan sedih. Kamu harus tetap berusaha. Usahakan untuk membuat rencana alternatif ketika kamu tidak diterima di perguruan tinggi yang kamu pilih.

 

#8 Don’t over studying

Hal yang paling penting adalah belajar. Persiapan ujian penting sekali loh. Kalau kamu masih mengandalkan calo, say goodbye to your dreams! Sukses adalah milik orang yang mau usaha. Tapi jangan sampai ambisimu untuk mendapatkan nilai bagus berdampak pada kesehatanmu. Mendekati tanggal ujian pasti rasanya ingin belajar setiap saat. Berikan tubuhmu istirahat yang cukup agar belajarmu semakin maksimal.

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor