Ini Nih Tempat Belajar Ngoding Gratis!

Tech

where-to-learn-to-code-for-free-the-it-girl

Salah satu ketrampilan yang sangat dibutuhkan untuk tahun ini dan beberapa tahun ke depan adalah ketrampilan programming. Dengan memiliki ketrampilan ini, kamu bisa banget menambah nilai plus dirimu saat mau melamar pekerjaan. Selain itu, dengan bisa ngoding, kamu bisa mengotak-atik blogmu sendiri tanpa bantuan programmer. Dengan mengetahui programming (meskipun cuma sedikit), bisa membantumu untuk membangun startup kamu juga.

 

Meskipun kamu merasa udah telat untuk belajar sesuatu yang baru atau merasa apa yang kamu sekarang tidak sesuai dengan passion kamu, jangan pesimis dulu karena ternyata banyak tempat yang menawarkan kelas ngoding gratis secara online. Dimana sih tempat belajar ngoding gratis? Berikut ini tempatnya!

#1 Codecademy

Untuk pemula, Codecademy cocok banget buat kamu yang pengen nyoba ngoding dari awal. Disini, kamu bisa belajar ngoding step-by-step dan meskipun belajarnya secara online, Codecademy memberikan materi yang cukup lengkap.

#2 Coursera

Coursera menawarkan berbagai macam kelas gratis dari universitas-universitas terkenal di dunia. Belajar Coursera harus ada komitmennya loh. Di setiap kelas, akan ada informasi mengenai berapa minggu dan berapa jam yang harus kamu jalani di kelas yang kamu ikuti.

#3 EdX

Mirip dengan Coursera, EdX juga menawarkan banyak kelas programming gratis yang bisa kamu ikuti. Lalu apa bedanya Coursera dengan EdX? EdX dibuat oleh Harvard & MIT. Sedangkan Coursera dibuat oleh perusahaan teknologi yang bekerja sama dengan beberapa universitas di dunia.

#4 Khan Academy

Khan Academy cocok buat kamu yang nggak mau ribet registrasi. Disini, kamu bisa langsung belajar tanpa daftar terlebih dahulu. Proses pembelajaran disini sangat interaktif loh!

#5 Udemy

Udemy mungkin kurang terdengar familiar. Namun, di Udemy kamu bisa belajar ngoding secara gratis loh. Meskipun ada yang berbayar, tapi Udemy juga menawarkan beberapa kelas gratisnya. Wah lumayan kan!
Selamat mencoba!

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor