Blogging 101: Konten, Branding, & Planning

Tech
blogging planning content

Image source: Pinterest

Sebelumnya, The It Girl sudah memberikan dasar-dasar yang harus kamu ketahui untuk membuat blog. Kali ini, The It Girl akan membahas tentang isi blog yang harus kamu persiapkan mulai dari branding, sampai editorial calendar.

#1 Konten Blog

Menyiapkan konten blog adalah hal yang mudah jika topik blog kamu sudah sesuai dengan hatimu.

 

Sebelum membuat konten, kamu harus mengetahui perkiraan target audience blogmu. Dengan mengetahui target audience, kamu bisa membuat konten yang sesuai dan akan membuat kontenmu dibaca banyak orang.

 

Lalu bagaimana caranya menentukan target audience?

 

Untuk menentukan target audience, kamu bisa mencoba dengan menjawab pertanyaan berikut:

 

  1. Berapa sih perkiraan rentang umur pembacamu?
  2. Apakah hobi dari pembaca blogmu?
  3. Apa yang mereka dilakukan untuk mendapatkan penghasilan?
  4. Bagaimana kamu bisa membantu mereka melalui blogmu?

 

Menjawab pertanyaan tersebut akan membantumu dalam membuat konten blogmu.

 

Research your post

Konten yang berkualitas adalah konten yang diolah sematang mungkin sebelum dipublikasi. Alangkah baiknya jika sebelum membuat konten, kamu melakukan penelitian terhadap topik konten yang akan kamu buat.

 

Kesalahan terbesar yang dibuat blogger adalah tidak melakukan penelitian sebelum membuat blog sehingga informasi dalam blogmu tidak dapat dipercaya dan terkesan tidak profesional. Kamu juga harus mempertimbangkan apakah konten yang akan kamu buat bersifat evergreen atau tidak Yang dimaksud dengan evergreen disini adalah apabila konten dibaca lima tahun mendatang, informasi dalam konten tersebut tidak kadaluarsa.

Gambar

Tahukah kamu bahwa dengan menggunakan gambar yang tepat untuk blogmu dapat menarik semakin banyak pengunjung?

 

Yes! Pengguna internet adalah orang yang memperhatikan visual. Banyak konten blog bagus di internet namun sayangnya tidak mendapatkan perhatian karena mereka tidak bisa menemukan gambar atau foto yang cocok.

 

Misalnya, kamu ingin menambahkan foto cokelat dalam artikelmu yang terbaru. Saat kamu mengetik ‘beach’ dalam google image, maka akan muncul banyak pilihan gambar pantai seperti berikut:

 

 

Namun, jika kamu menggunakan Pinterest untuk mencari foto pantai. Maka foto yang muncul adalah sebagai berikut:

 

Hasil gambar yang muncul di Pinterest jauh lebih bagus daripada hasil pencarian Google. Hal ini terjadi karena gambar yang ada di Pinterest adalah hasil kurasi pengguna Pinterest.

 

Kamu harus memperhatikan dari segi estetika ketika menentukan gambar yang akan muncul di blogmu dan harus menyesuaikan target audience kamu.

#2 Branding blog

blog branding pastel

Image source: harpermavendesign.com

Setelah menemukan hosting dan domain, kamu bisa mulai mengisi konten dan membuat branding blog kamu. Yang termasuk branding adalah semua mulai dari warna sampai logo. Mengapa branding blog itu penting? Karena branding akan menentukan kesan pertama blog kamu saat pengunjung baru datang ke blog kamu.

Blog’s personality

Kepribadian blog adalah kepribadian kamu.

 

Jika kepribadianmu praktis dan simpel, bisa dipastikan blogmu tidak akan aneh-aneh. Blogmu akan simpel, memiliki tema yang bersih, rapi, dan readable.

 

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda.

 

Branding blog dimulai dengan menentukan kepribadian blogmu.

 

Tugasmu sekarang adalah menulis minimal 5 kepribadian blog yang sesuai dengan kepribadianmu.

 

Bingung apa kepribadianmu? Mungkin kamu bisa coba cara lain dengan menjawab pertanyaan ini:

 

  • Apa yang membuat kamu unik?
  • Bagaimana perasaan orang yang mengunjungi blogmu pertama kali?

 

 

Ambil waktu untuk memikirkan tidak hanya kepribadianmu, tapi apa yang membuat kamu berbeda dengan orang lain.

Moodboard

Setelah menemukan kepribadian blog yang kamu inginkan. Coba tuangkan idemu ke dalam moodboard. Moodboard akan membantumu secara visual, seperti apa sih blogmu nanti?

 

Isi moodboard dengan palet warna yang kamu sukai, contoh gambar yang sesuai dengan gaya blogmu. Moodboard adalah alat yang membantumu melihat karakter blogmu secara keseluruhan.

 

Download template moodboard gratis disini.

Warna

Pilihan warna sebetulnya adalah hal yang sederhana. Namun, banyak blogger yang membuat kesalahan besar dengan tidak memiliki panduan warna dalam blognya.

 

Lalu apa aja sih yang harusnya diperhatikan dalam pemilihan warna?

 

Warna yang konsisten adalah kunci ketika mendesain blog. Sesuaikan warna dengan moodboard yang telah kamu buat sebelumnya.

 

Penggunaan warna yang konsisten dan sesuai dengan tema yang sudah kamu tentukan adalah tanda bahwa kamu adalah blogger yang konsisten dan teliti.

 

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan konsistensi warna khususnya untuk:

  • Heading (Heading 1, Heading 2, dst)
  • Body text
  • Link
  • Button
  • Social media icons

 

Pastikan bahwa warna untuk elemen-elemen tersebut konsisten dalam blogmu. Kamu juga bisa membuat guide yang membantumu untuk mengingat kode warna seperti di bawah ini.

Font

Pemilihan kombinasi font akan sangat membantu blogmu terlihat indah dan profesional. Kombinasi font seperti apa sih yang bagus? Tidak ada standard khusus untuk memilih font yang cocok untuk blogmu. Usahakan untuk menyesuaikan dengan tema blog yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Jika kamu bingung harus menggunakan font apa, kamu bisa mencoba www.fontpair.co untuk daftar kombinasi font yang bisa kamu jadikan inspirasi.

#3 Perencanaan konten blog

Brainstorm ideas

Wah.. Blog kamu udah jadi nih. Tapi belum ada kontennya, dan kamu bingung harus mengisi apa.

 

Sebelum memulai membuat konten, coba brainstorm ide konten apa saja yang ingin kamu buat. Pastikan sesuai dengan kategori yang ada di blog kamu yah.

 

Masih bingung juga mau bikin konten seperti apa? Coba kamu buat daftar blog yang kamu sukai kontennya. Ini akan membantumu dalam mencari inspirasi konten blog.

Nah, udah muncul kan idenya?

Editorial calendar

Setelah membuat daftar konten yang akan kamu buat. Buatlah jadwal kapan konten tersebut akan diterbitkan. Nggak cuma tanggal terbitnya, tapi kapan juga kamu harus membagikan konten tersebut di media sosial.

 

Akan lebih baik jika kamu membuat editorial calendar lengkap yang memudahkanmu untuk mengatur blog mu. Selain itu, editorial juga dapat menghemat waktumu!

 

The It Girl udah menyiapkan freebie berupa format editorial calendar buat kamu. Download freebie editorial calendar disini.

 

Konsistensi

Konsistensi adalah hal yang paling susah dijalankan. Butuh komitmen yang tinggi untuk menjaga konsistensi blog kamu. Tantangannya adalah menjaga semangatmu untuk ngeblog setelah blogmu berjalan lama. Jika kamu hanya bisa menulis dua artikel dalam seminggu, it’s okay! Yang penting adalah kamu bisa konsisten menulis dua konten baru setiap minggu.

 

Gimana girls? Ternyata ngeblog itu ngga sebatas masukin tulisan dan gambar kan? Banyak yang harus dipertimbangkan untuk membuat konten yang bagus! Selanjutnya, The It Girl akan membahas tips dan alat apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membantumu membuat blog.