Blogging 101: Konten, Branding, & Planning

blogging planning content

Image source: Pinterest

Sebelumnya, The It Girl sudah memberikan dasar-dasar yang harus kamu ketahui untuk membuat blog. Kali ini, The It Girl akan membahas tentang isi blog yang harus kamu persiapkan mulai dari branding, sampai editorial calendar.

#1 Konten Blog

Menyiapkan konten blog adalah hal yang mudah jika topik blog kamu sudah sesuai dengan hatimu.

 

Sebelum membuat konten, kamu harus mengetahui perkiraan target audience blogmu. Dengan mengetahui target audience, kamu bisa membuat konten yang sesuai dan akan membuat kontenmu dibaca banyak orang.

 

Lalu bagaimana caranya menentukan target audience?

 

Untuk menentukan target audience, kamu bisa mencoba dengan menjawab pertanyaan berikut:

 

  1. Berapa sih perkiraan rentang umur pembacamu?
  2. Apakah hobi dari pembaca blogmu?
  3. Apa yang mereka dilakukan untuk mendapatkan penghasilan?
  4. Bagaimana kamu bisa membantu mereka melalui blogmu?

 

Menjawab pertanyaan tersebut akan membantumu dalam membuat konten blogmu.

 

Research your post

Konten yang berkualitas adalah konten yang diolah sematang mungkin sebelum dipublikasi. Alangkah baiknya jika sebelum membuat konten, kamu melakukan penelitian terhadap topik konten yang akan kamu buat.

 

Kesalahan terbesar yang dibuat blogger adalah tidak melakukan penelitian sebelum membuat blog sehingga informasi dalam blogmu tidak dapat dipercaya dan terkesan tidak profesional. Kamu juga harus mempertimbangkan apakah konten yang akan kamu buat bersifat evergreen atau tidak Yang dimaksud dengan evergreen disini adalah apabila konten dibaca lima tahun mendatang, informasi dalam konten tersebut tidak kadaluarsa.

Gambar

Tahukah kamu bahwa dengan menggunakan gambar yang tepat untuk blogmu dapat menarik semakin banyak pengunjung?

 

Yes! Pengguna internet adalah orang yang memperhatikan visual. Banyak konten blog bagus di internet namun sayangnya tidak mendapatkan perhatian karena mereka tidak bisa menemukan gambar atau foto yang cocok.

 

Misalnya, kamu ingin menambahkan foto cokelat dalam artikelmu yang terbaru. Saat kamu mengetik ‘beach’ dalam google image, maka akan muncul banyak pilihan gambar pantai seperti berikut:

 

 

Namun, jika kamu menggunakan Pinterest untuk mencari foto pantai. Maka foto yang muncul adalah sebagai berikut:

 

Hasil gambar yang muncul di Pinterest jauh lebih bagus daripada hasil pencarian Google. Hal ini terjadi karena gambar yang ada di Pinterest adalah hasil kurasi pengguna Pinterest.

 

Kamu harus memperhatikan dari segi estetika ketika menentukan gambar yang akan muncul di blogmu dan harus menyesuaikan target audience kamu.

#2 Branding blog

blog branding pastel

Image source: harpermavendesign.com

Setelah menemukan hosting dan domain, kamu bisa mulai mengisi konten dan membuat branding blog kamu. Yang termasuk branding adalah semua mulai dari warna sampai logo. Mengapa branding blog itu penting? Karena branding akan menentukan kesan pertama blog kamu saat pengunjung baru datang ke blog kamu.

Blog’s personality

Kepribadian blog adalah kepribadian kamu.

 

Jika kepribadianmu praktis dan simpel, bisa dipastikan blogmu tidak akan aneh-aneh. Blogmu akan simpel, memiliki tema yang bersih, rapi, dan readable.

 

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda.

 

Branding blog dimulai dengan menentukan kepribadian blogmu.

 

Tugasmu sekarang adalah menulis minimal 5 kepribadian blog yang sesuai dengan kepribadianmu.

 

Bingung apa kepribadianmu? Mungkin kamu bisa coba cara lain dengan menjawab pertanyaan ini:

 

  • Apa yang membuat kamu unik?
  • Bagaimana perasaan orang yang mengunjungi blogmu pertama kali?

 

 

Ambil waktu untuk memikirkan tidak hanya kepribadianmu, tapi apa yang membuat kamu berbeda dengan orang lain.

Moodboard

Setelah menemukan kepribadian blog yang kamu inginkan. Coba tuangkan idemu ke dalam moodboard. Moodboard akan membantumu secara visual, seperti apa sih blogmu nanti?

 

Isi moodboard dengan palet warna yang kamu sukai, contoh gambar yang sesuai dengan gaya blogmu. Moodboard adalah alat yang membantumu melihat karakter blogmu secara keseluruhan.

 

Download template moodboard gratis disini.

Warna

Pilihan warna sebetulnya adalah hal yang sederhana. Namun, banyak blogger yang membuat kesalahan besar dengan tidak memiliki panduan warna dalam blognya.

 

Lalu apa aja sih yang harusnya diperhatikan dalam pemilihan warna?

 

Warna yang konsisten adalah kunci ketika mendesain blog. Sesuaikan warna dengan moodboard yang telah kamu buat sebelumnya.

 

Penggunaan warna yang konsisten dan sesuai dengan tema yang sudah kamu tentukan adalah tanda bahwa kamu adalah blogger yang konsisten dan teliti.

 

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan konsistensi warna khususnya untuk:

  • Heading (Heading 1, Heading 2, dst)
  • Body text
  • Link
  • Button
  • Social media icons

 

Pastikan bahwa warna untuk elemen-elemen tersebut konsisten dalam blogmu. Kamu juga bisa membuat guide yang membantumu untuk mengingat kode warna seperti di bawah ini.

Font

Pemilihan kombinasi font akan sangat membantu blogmu terlihat indah dan profesional. Kombinasi font seperti apa sih yang bagus? Tidak ada standard khusus untuk memilih font yang cocok untuk blogmu. Usahakan untuk menyesuaikan dengan tema blog yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Jika kamu bingung harus menggunakan font apa, kamu bisa mencoba www.fontpair.co untuk daftar kombinasi font yang bisa kamu jadikan inspirasi.

#3 Perencanaan konten blog

Brainstorm ideas

Wah.. Blog kamu udah jadi nih. Tapi belum ada kontennya, dan kamu bingung harus mengisi apa.

 

Sebelum memulai membuat konten, coba brainstorm ide konten apa saja yang ingin kamu buat. Pastikan sesuai dengan kategori yang ada di blog kamu yah.

 

Masih bingung juga mau bikin konten seperti apa? Coba kamu buat daftar blog yang kamu sukai kontennya. Ini akan membantumu dalam mencari inspirasi konten blog.

Nah, udah muncul kan idenya?

Editorial calendar

Setelah membuat daftar konten yang akan kamu buat. Buatlah jadwal kapan konten tersebut akan diterbitkan. Nggak cuma tanggal terbitnya, tapi kapan juga kamu harus membagikan konten tersebut di media sosial.

 

Akan lebih baik jika kamu membuat editorial calendar lengkap yang memudahkanmu untuk mengatur blog mu. Selain itu, editorial juga dapat menghemat waktumu!

 

The It Girl udah menyiapkan freebie berupa format editorial calendar buat kamu. Download freebie editorial calendar disini.

 

Konsistensi

Konsistensi adalah hal yang paling susah dijalankan. Butuh komitmen yang tinggi untuk menjaga konsistensi blog kamu. Tantangannya adalah menjaga semangatmu untuk ngeblog setelah blogmu berjalan lama. Jika kamu hanya bisa menulis dua artikel dalam seminggu, it’s okay! Yang penting adalah kamu bisa konsisten menulis dua konten baru setiap minggu.

 

Gimana girls? Ternyata ngeblog itu ngga sebatas masukin tulisan dan gambar kan? Banyak yang harus dipertimbangkan untuk membuat konten yang bagus! Selanjutnya, The It Girl akan membahas tips dan alat apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membantumu membuat blog.

The It Girl This Month Movies

Di bulan ketiga di tahun 2018, TIG telah memilih beberapa film lokal dan internasional yang harus ditonton. Tidak hanya film romantisme saja ada juga film yang ber genre komedi lho. Selain ditonton bersama pacar ataupun para sahabat, ada beberapa film yang bisa kalian tonton bersama keluarga. Penasaran kan? Yuk scroll ke bawah…

Red Sparrow

 

Pemain: Jennifer Lawrence, Joel Edgerton

Peter Rabbit

Pemain: James Corden, Domnall Gleeson, Sia, Margot Robbie

Tomb Raider

Pemain: Alicia Vikander, Hannah John-Kamen

Love, Simon

Pemain: Nick Robinson, Josh Duhamel, Jennifer Garner

Pacific Rim Uprising

Pemain: Scott Eastwood, Tian Jing, Adria Arjona

Benyamin Biang Kerok

Pemain: Reza Rahadian, Rano Karno, Meriam Berlina, Tora Sudiro

Lady Bird

Pemain: Saoirse Ronan, Laurie Metcalf

Selamat menonton girls!

 

 

Pentingnya Membersihkan Earphone (dan Caranya Membersihkan)

cara membersihkan earphone

Coba kamu cek earphone kamu sekarang. Perhatikan secara keseluruhan.

 

Kapan sih kamu terakhir kali membersihkan earphone kamu?

 

Jika jawabanmu adalah tidak ingat. Ini adalah waktumu untuk membersihkan earphone. Earphone yang kotor sangat membahayakan kesehatan. Jangan sampai kamu kena infeksi telinga karena kamu tidak pernah membersihkan earphone.

 

Earphone yang bersih bisa membuat kualitas suara dari earphone semakin jernih dan kamu akan semakin betah nonton film atau mendengarkan lagu.

 

Membersihkan earphone tidak membutuhkan cairan khusus. Yang dibutuhkan untuk membersihkan earphone adalah niat.

 

Caranya untuk membersihkan earphone mudah banget. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan, sebagai berikut:

 

  • Pastikan earphone tidak tersambung dengan gadget.
  • Bersihkan dengan air sabun. Komposisi antara air dan sabun harus seimbang. Terlalu banyak sabun akan meninggalkan residu di earphone kamu.
  • Gunakan sedikit saja sabun cair pencuci piring yang dicampur dengan air. Bersihkan earphone menggunakan lap dengan campuran sabun & air tapi pastikan lap tersebut tidak basah, namun lembap.
  • Kamu juga bisa membersihkan earphone dengan alkohol. Gunakan cotton bud dan lap untuk membersihkan earphone. Setelah itu, lap earphone untuk menghilangkan sisa alkohol.
  • Membersihkan dengan sikat gigi yang kering. Biasanya metode ini digunakan ketika earphone kamu sangat kotor. Gosok sikat dengan lembut untuk membersihkan earphone.

 

Nah, gimana? Mudah banget kan? Dengan rutin membersihkan earphone, kamu juga menjaga kesehatan telingamu dan kualitas earphone kamu. Selamat mencoba!

Blogging 101: Langkah Awal Membuat Blog

Cara Membuat Blog

Photo: www.jessannkirby.com

Membuat blog adalah hal yang sangat gampang. Apalagi  saat ini, menjadi seorang blogger adalah salah satu pekerjaan yang sedang digemari anak muda.

 

Kamu tidak perlu kuliah di jurusan IT supaya kamu bisa membuat blog. Semua orang bisa membuat blog, tapi tidak semua orang bisa membuat konten blog yang sukses.

 

Untuk membuat blog yang sukses diperlukan perencanaan yang matang.

 

Banyak orang yang membuat blog tapi ternyata hanya ‘sekedar’ membuat blog. Semua orang sangat semangat ketika membuat blog namun semangat tersebut hanya sesaat saja.

 

Sebuah blog tidak akan sukses jika kamu tidak tahu apa yang harus kamu tulis di blog kamu. Karena semangat yang hilang, blogmu tidak pernah kamu sentuh atau terlupakan.

 

Kali ini, The It Girl akan membantumu membuat blog yang tidak akan terlupakan dan sukses. The It Girl sudah menyiapkan panduan lengkap yang akan membantumu membuat blog yang akan kamu sayangi.

 

Gimana sih caranya membuat blog yang sukses?

#1 Topik Blog

Untuk memulai blog, kamu harus menemukan topik yang sesuai dengan passion kamu. Misalnya, kamu suka memasak, maka blog kamu akan berisi resep-resep masakanmu atau segala sesuatu yang berhubungan dengan masakan.

 

Bingung memilih topik nih…

 

Coba brainstorm ide topik blog. Tulis segala hal yang kamu suka. Dari semua ide yang muncul, tentukan satu topik yang paling kamu suka. Marie Kondo mengatakan untuk selalu kelilingi dirimu oleh barang-barang yang memberikan ‘sparks’. Sama halnya dengan topik blogmu. Kamu harus memilih topik blog yang benar-benar kamu sukai. Jangan sampai kamu memilih topik blog yang hanya karena lagi ‘hits’.

 

Blogmu akan sukses jika kamu sangat paham dengan topikmu, karena kamu akan membuat konten yang berkualitas.

 

Selamat! Kamu telah menyelesaikan satu langkah untuk membuat blog.

 

#2 Menentukan Nama Blog

Memilih nama untuk blog tidak mudah dan nama blog sebaiknya berhubungan dengan topik blogmu.

 

Contohnya: Blog bernama Minimalist Baker milik Dana berisi resep-resep masakan yang simple, kurang dari tiga puluh menit untuk disiapkan dan bahan-bahannya tidak lebih dari sepuluh bahan. Oleh karena itu Dana menamai blognya Minimalist Baker.

 

Mungkin di langkah ini kamu sedikit kesulitan untuk menemukan nama yang tepat. Cobalah untuk menulis semua nama yang kamu suka atau nama-nama yang berkaitan dengan topik blogmu.

 

Jika memang blogmu berisi cerita pribadi kamu, kamu bisa menggunakan namamu sendiri sebagai nama blog.

 

#3 Domain

Secara sederhana, domain adalah alamat sebuah website. Sebuah nama domain adalah komponen dari URL.

 

Setelah kamu menemukan nama blogmu, kamu bisa mendaftarkan domain untuk blog kamu. Ini adalah pilihan opsional untuk membeli nama domain khusus (semacam mempunyai plat nomor khusus untuk kendaraanmu), karena untuk memiliki domain khusus kamu harus membayarnya.

 

Kamu bisa mengecek availability nama domainmu disini atau menggunakan domain checker lainnya. Apabila nama domain yang kamu inginkan sudah diambil orang lain, kamu harus cari alternatif nama lain atau mengubah nama blogmu. Memang membutuhkan waktu yang banyak. Semoga kamu beruntung!

 

Nah, apabila kamu beruntung karena domain yang kamu inginkan ternyata available. Kamu harus segera membeli domain tersebut.

 

Jika kamu bingung bagaimana cara membeli domain, kamu bisa minta bantuan temanmu yang paham cara kerja domain.

 

#4 Hosting

Hosting yang dimaksud disini adalah web hosting service. Hosting adalah tempat untuk menaruh data websitemu sehingga bisa diakses oleh orang lain melalui domain yang sudah kamu miliki.

 

Yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis hosting yang akan kamu pakai. Ada 2 jenis web hosting service: self-hosted atau hosting gratis. Ada keuntungan dan kekurangan masing-masing antara kedua jenis tersebut.

 

Jika kamu ingin menggunakan blog self-hosted, kamu bisa menggunakan domain blog sesuai keinginanmu. Tapi hosting semacam ini berbayar dan harganya berbeda-beda tergantung spesifikasi yang kamu inginkan.

 

Sedangkan untuk hosting gratis, kamu tidak perlu membayar namun kamu tidak bisa menggunakan nama domain kustom. Platform blog yang menyediakan hosting gratis contohnya adalah blogger atau wordpress. Saat kamu menggunakan wordpress, nama blogmu akan bernama xxx.wordpress.com.

 

Namun, kamu bisa mengakalinya dengan membeli domain khusus dan mengaplikasikan di blogger atau wordpress. Jadi kamu tidak perlu membayar hosting dan kamu bisa mendapatkan nama domain sesuai keinginanmu.

 

Kelemahan dari menggunakan blogger atau wordpress.com adalah fitur yang terbatas. Kamu tidak bisa mengutak-atik websitemu sebebas wordpress.org. Dengan menggunakan wordpress.org, kamu bisa bebas meng-install tema buatanmu sendiri, dan plug-ins sebebasmu.

 

Apabila kamu tipe orang yang males ribet ngurusin hosting, domain, atau template blog tapi pengen punya blog yang bagus, kamu bisa mencoba Squarespace. Squarespace menyediakan semua itu dengan harga yang lumayan mahal. Meskipun mahal, kamu tidak perlu pusing atau repot mengurus semua dan squarespace sangat mudah digunakan.

 

Yang harus diperhatikan ketika memilih hosting:

  • Customer Service. Pastikan penyedia hosting memiliki customer service yang bisa dihubungi dan sangat responsif ketika blogmu mengalami masalah.
  • Keamanan. Internet adalah tempat yang luas. Oleh karena itu keamanan adalah hal yang wajib dipertimbangkan saat memilih hosting. Jangan sampai hosting kamu mudah diserang oleh malware dan semacamnya.
  • Kecepatan. Kamu membutuhkan kecepatan hosting yang tidak bikin jenuh pengunjung blogmu.

 

Semoga artikel ini sangat membantumu untuk membuat blog pertamamu. Artikel selanjutnya akan membahas tentang konten blog! Jika kamu ingin bertanya atau memiliki masukan lain, komen atau kirim e-mail ke The It Girl.

Menolak Undangan dengan Cara Sopan

Menolak Undangan dengan Cara Sopan

Photo: instagram.com/goodheartdesign

Tiba-tiba ada undangan dari teman, dan ternyata kamu tidak bisa hadir karena kamu udah pesan tiket, hotel, dll untuk liburan.

 

Padahal acara itu sangat penting untuk temanmu.

 

Kamu bingung harus bagaimana untuk menolak undangan tersebut tanpa harus menyakiti perasaan temanmu.

 

Tenang. Wajar bila kamu tidak bisa menghadiri, dan kamu tidak perlu pusing memikirkan seribu alasan untuk menolak undangan itu. Temanmu akan sangat menghargaimu jika kamu memberikan respons yang cepat dalam menjawab undangannya.

 

Berikut adalah beberapa tips untuk menolak undangan dengan cara yang sopan:

Tidak Membiarkan Undangan

Saat menerima undangan dan kamu tahu bahwa kamu tidak bisa hadir, kamu harus memberitahu bahwa kamu tidak bisa atau berhalangan untuk hadir. Membiarkan undangan menunjukan kamu tidak tahu tentang etika.

 

Segera Menjawab

Agar tidak menyusahkan orang yang mengundang, segera jawab undangan yang diberikan kepadamu. Sebuah pesta atau acara membutuhkan planning & biaya, oleh karena itu usahakan untuk tidak menyusahkan orang lain karena kamu tidak segera menjawab undangan.

 

Mengucapkan Terima Kasih

Sebelum menolak undangan, katakan terima kasih kepada orang tersebut karena telah diundang. Dengan begitu, orang yang mengundang tidak akan kecewa saat kamu menolak undangannya.

 

Tidak Bertele-Tele

Saat kamu ingin menyampaikan alasanmu tidak bisa hadir, jelaskan secara singkat, padat dan jelas. Kamu tidak perlu menjelaskan secara rinci karena akan terkesan kamu mencari-cari alasan supaya tidak hadir di acara itu.

 

Perhatikan Penggunaan Kata

Menolak undangan bisa dilakukan melalui telpon, bicara langsung, whatsapp, line, e-mail, atau semacamnya. Saat mengutarakan bahwa kamu tidak bisa menghadiri acara itu, atur dulu kata-kata yang ingin kamu ucapkan. Jangan sampai kata-katamu menyakiti perasaan atau menyinggung orang yang mengundangmu.

 

Kirim Hadiah

Jika acara yang tidak bisa kamu hadiri memungkinkan kamu untuk memberikan hadiah (contoh: acara ulang tahun, bridal shower, baby shower, pernikahan, dst), kirim hadiah meskipun kamu tidak bisa menghadiri. Dengan memberikan hadiah, kamu dianggap memberikan perhatikan meskipun tidak hadir.

Cara Mudah Menemukan Bra yang Pas & Nyaman

Cara Menemukan Bra Yang Pas dan Nyaman

Photo: Pinterest

Menggunakan bra sangat tidak nyaman dan menyiksa, kecuali kamu menggunakan ukuran bra yang pas.

 

Saat kita mencoba bra dan menemukan ukuran yang pas, kita menggunakan ukuran tersebut sebagai patokan ketika membeli bra. Memang patokan tersebut tidak salah, tapi kamu harus tahu bagaimana bra yang benar-benar pas sehingga kamu tidak tersiksa dengan bramu.

via GIPHY
Lalu bagaimana sih cara menemukan ukuran bra yang pas?

Mengukur

Supaya pas, coba mengukur ukuran bra yang pas buat kamu menggunakan kalkulator bra ini.

 

Jika kamu bingung apa arti A, B, C, D pada label bramu, ini artinya:

 

A = kecil

B = rata-rata

C = lebih besar dari rata-rata tapi tidak terlalu besar

D = besar

Di atas D = sangat besar

 

Selalu mencoba sebelum membeli

Saat kamu sudah menemukan ukuran bra yang sesuai, jangan langsung membeli bra tanpa mencobanya. Kesalahan ini yang menyebabkan kamu kecewa setelah membeli bra tersebut.

 

Kesalahan yang pernah saya lakukan adalah membeli bra saat diskon tanpa mencobanya dengan ukuran yang sesuai. Sayangnya, saat saya coba di rumah ternyata ukurannya tidak pas (lebih longgar) dan sangat tidak nyaman padahal ukuran yang saya beli adalah ukuran yang saya beli biasanya. Beda brand, beda standar. Tidak apa jika kamu harus mencoba puluhan bra untuk menemukan bra yang sangat pas.

 

Temukan tipe bra yang cocok untukmu

Bentuk payudara setiap perempuan berbeda-beda. Jangan sedih ketika melihat atau heran dengan bentuk payudaramu karena tidak ada yang aneh dengan hal itu.

 

Karena bentuk payudara yang berbeda, kamu belum tentu cocok menggunakan tipe bra yang kamu inginkan. Mungkin kamu pernah merasakan ketika memakai bra, namun yang sebelah kiri pas tapi payudara sebelah kanan tidak pas. Hal ini wajar karena payudaramu belum tentu seimbang.

 

Terdapat banyak sekali jenis bra yang bisa kamu coba. Perhatikan juga brand bra tersebut. Dengan tipe bra yang sama, namun belum tentu pas antara brand A atau brand B.

 

Baca juga: 4 Types of Bra Every Woman Should Have

 

Sister Size

Pernah dengar istilah sister size? Yang dimaksud dengan sister size adalah ukuran bra yang berbeda dan ketika digunakan ternyata sangat pas.

 

Contoh: Bra dengan ukuran 34C dan 32D adalah sister size. (Lihat daftar lengkap sister size disini)

 

Sister size dibutuhkan ketika saat kita mencoba bra yang kita harapkan pas namun ternyata kurang pas. Baik ukuran cup atau ukuran lingkar badan. Bisa jadi ukuran cup cukup tapi lingkar badan terlalu longgar.

 

Bra yang Pas adalah Bra Impian

Menemukan bra yang pas butuh perjuangan. Untuk mempermudah perjuanganmu mendapatkan bra impian, perhatikan beberapa hal berikut:

  • Saat menggunakan bra, kamu tidak merasa sesak di bagian dada namun tidak longgar.
  • Bagian cup harus menempel pada payudara. Tidak ada celah yang mengambang antara payudara dan cup.
  • Jika kamu menggunakan bra yang berkawat, pastikan kawat bra tersebut berada pas di bawah payudara.
  • Pastikan bahwa tali bra tidak terlalu ketat karena akan sangat menyiksa kulitmu. Tali yang longgar juga tidak nyaman karena bisa melorot (nggak kece banget kan!)

 

Jika kamu ada tips bagaimana cara menemukan bra yang pas, kasih tahu lewat komen! Semoga artikel ini membantumu untuk menemukan bra ternyaman di hidupmu.

Fenomena Super Blue Blood Moon di berbagai Negara

Dunia dihebohkan dengan adanya fenomena ‘Super Blue Blood Moon’ yang terjadi di tanggal 31 Januari 2018. Fenomena 3 gerhana yang terjadi di satu hari mencuri perhatian warga dunia. Super Blue Blood Moon adalah gabungan dari supermoon, blue moon dan lunar eclipse (gerhana bulan). Hal unik ini terakhir terjadi 150 tahun yang lalu dan beruntungnya kita bisa menikmati keindahan 3 gerhana yang terjadi dalam satu hari.

Buat kalian yang tidak sempat melihat fenomena ‘Super Blue Blood Moon’, jangan khawatir. The It Girl sudah menyimpan foto-foto fenomena ini yang terjadi di berbagai belahan dunia dan berbagai daerah di Indonesia.

Jakarta, Indonesia

jakartaidntimescom

Fremantle War Memorial, Australia

fremantle-war-memorial-australia-dailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

New Zealand

newzealanddailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

Perth, Australia

perthdailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

Myanmar

myanmardailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

Brazil

brazildailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

Athena, Yunani

athensdailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

China

chinadailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

Isle of White, UK

isleofwhiteukdailymailcouk

Image source: dailymail.co.uk

San Fransisco, US

sanfransisconewsweekcom

Image source: newsweek.com

Bangkok, Thailand

bangkoknewsweekcom

Image source: newsweek.com

California, US

californianewsweekcom

Image source: newsweek.com

Norwegia

norwaybbccom

Image source: bbc.com

London, UK

londonbbccom

Image source: bbc.com

Bandar Lampung, Indonesia

bandar-lampung-idntimescom

Image source: idntimes.com

Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Traveling

Background Photo: lovely-pepa.com

Background Photo: lovely-pepa.com

Saat di rumah, kita bisa memakai skincare seperti normal sehingga kulit tampak sehat dan segar.

 

Namun, ketika kita traveling (baik menggunakan pesawat, kereta, bus, mobil, dll), kulit kita akan merasa stres karena kondisi berubah tidak seperti biasanya.

 

Tiba-tiba kulitmu memproduksi minyak berlebih atau mungkin menjadi sangat kering karena perubahan cuaca yang drastis. Wajahmu terlihat lebih kusam, lelah, dan kasus terburuknya adalah kulitmu terlihat tua.

 

Jangan salahkan kulitmu jika menjadi lebih kusam saat traveling, kulitmu hanya bereaksi terhadap lingkungan yang bukan biasanya. Faktornya pun berbeda-beda, bisa karena jadwal tidurmu tidak seperti biasanya, faktor iklim, faktor stres, dan juga faktor makanan.

 

Jadi kamu nggak perlu stres ketika kulitmu berubah. Apa sih yang bisa kamu lakukan?

Persiapan

Sebelum berangkat, tentukan skincare dan makeup apa saja yang cocok dengan cuaca tempat kamu berkunjung.

 

Jika kamu berkunjung ke tempat yang dingin, bawa skincare yang extra melembapkan. Jika kamu pergi ke tempat yang cenderung panas, bawa skincare dengan formula yang ringan atau tidak menyebabkan kulit lengket.

 

Bawa skincare ukuran travel size untuk menghemat tempat dan juga meringankan beban bagasi.

 

Tidak perlu membawa seluruh skincare saat traveling. Bawa skincare yang menurutmu kamu tidak bisa hidup tanpa produk tersebut. The It Girl menyarankan untuk membawa beberapa produk ini: makeup remover, sabun muka, serum, eye cream, pelembap, dan tabir surya.

 

Baca juga: Beauty Product Yang Wajib Kamu Bawa Saat Travelling

 

Menjaga Kelembapan Kulit

Saat traveling (terutama dengan pesawat), kulit akan cenderung lebih mudah kering daripada biasanya.

 

Untuk mencegah kulitmu kering, gunakan pelembap terutama pada malam hari. Kamu juga bisa menggunakan essential oil untuk menjaga kulitmu tetap lembap.

 

Kurangi Penggunaan Makeup

Memakai makeup saat traveling dapat menyumbat pori-pori kulitmu dengan bakteri yang tidak kamu inginkan.

 

Jika kamu memang wajib memakai makeup karena ada acara atau harus menemui seseorang, gunakan makeup saat sudah mendekati tujuan.

 

Supaya lebih cepat dalam memakai makeup, simpan beberapa produk yang akan kamu gunakan dalam makeup pouch.

 

Baca juga:

 

Mist is a Must

Traveling bisa sangat melelahkan, apalagi ketika kamu traveling ke tempat dengan suhu yang panas. Supaya kamu tetap terlihat segar tapi malas untuk memakai makeup yang ribet, kamu bisa menggunakan spray mist.

 

Semprotkan mist saat kamu mulai terlihat kusam. Bawa spray mist ukuran travel size dan simpan di tasmu.

 

Bawa Blotting Paper atau Kertas Minyak

Jika kamu memiliki kulit yang sangat berminyak, kamu wajib membawa barang ini.

 

Kertas minyak dapat mengurangi minyak di kulit wajahmu tanpa harus menghilangkan kelembapan kulitmu. Wajahmu akan terlihat tetap segar tanpa minyak berlebih.

 

Baca juga: 5 Hal yang Harus Kamu Hindari Ketika Kulitmu Berminyak

 

Jauhkan Tangan dari Wajahmu

Saat traveling, kamu memegang banyak benda dan kamu berada di lingkungan yang mungkin berbeda dengan lingkunganmu di rumah. Bayangkan betapa banyaknya benda asing yang ada pada tanganmu. Mulai dari bakteri, kuman, dan segala jenisnya.

 

Hindari memegang kulit wajahmu supaya tetap bersih dan tidak mudah berjerawat.

 

Perawatan Bibir

Traveling di tempat yang memiliki suhu yang berbeda (khususnya tempat dingin) bisa membuat bibirmu pecah-pecah.

 

Supaya tidak pecah-pecah, sediakan lip balm atau minyak kelapa untuk menjaga kelembapan kulit bibir.

 

Lipstick dapat membuat bibir kering, oleh karena itu gunakan lip balm sebelum memakai lipstick.

 

Minum Air

Kunci dari kulit (dan badan) yang sehat adalah minum air yang cukup.

 

Traveling membuat kita kadang lupa untuk minum air, karena itu bawalah botol minum kemana pun kamu pergi. Hindari minum minuman yang mengandung gula yang tinggi karena gula membuat produksi kolagen berkurang.

8 Sayuran Paling Sehat & Bernutrisi

Saat menonton film What The Health, banyak penyakit yang bisa disembuhkan karena mengkonsumsi sayuran. Tidak hanya itu, rutin mengkonsumsi sayuran dapat mencegah penyakit-penyakit seperti kanker, tumor, dan tubuh semakin sehat.

 

Tidak semua sayuran mengandung nutrisi yang lengkap. Akan sangat baik jika mengkonsumsi sayuran yang bermacam-macam agar nutrisi yang masuk ke dalam tubuh semakin tinggi. Lalu, apa saja sih sayuran yang memiliki nutrisi tinggi?

Selada Air

watercress

Photo: bonappetit.com

Salah satu tumbuhan tertua di dunia, selada air kaya akan vitamin A, C, dan K.

 

Selain vitamin, selada air juga mengandung antioxidant yang penting bagi tubuh manusia.

 

Tips memasak: tumis selada air, tambahkan ke dalam isi sandwich, atau gunakan selada air dalam salad.

 

Asparagus

asparagus lemon

Photo: simplyrecipes.com

Asparagus adalah sayuran yang kaya dengan vitamin dan mineral.

 

Setiap 90 gram asparagus mengandung sepertiga kebutuhan asam folat sehari-hari. Selain asam folat, asparagus juga mengandung selenium, vitamin K, thiamin, dan riboflavin.

 

Tips memasak: kamu bisa membuat sup asparagus, atau olah dengan cara stir-fry menggunakan bumbu sederhana.

 

Bayam

baby spinach

Photo: www.drweil.com

Dalam seratus gram bayam sudah memenuhi 187% kebutuhan vitamin A dan seluruh kebutuhan vitamin K dalam sehari. Bayam juga mengandung vitamin C, zat besi, dan antioxidant.

 

Mengkonsumsi bayam dapat mengurangi resiko kanker.

 

Tips memasak: tambahkan bayam dalam saladmu.

 

Kale

curly kale

Photo: girlandfire.com

Meskipun banyak yang kurang suka karena rasanya yang mirip daun pepaya, kale adalah sayuran yang sangat bernurtrisi dan mengadung antioxidant.

 

Sama dengan halnya bayam, kale mengandung vitamin A, C, dan K yang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Mengkonsumsi kale dapat menurunkan tekanan darah dan juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol dan kadar gula dalam darah.

 

Tips memasak: tumis menggunakan soy sauce dan kaldu sayur supaya rasa pahit kale tidak terasa.

 

Kacang Polong

kacang polong

Photo: today.com

Siapa sangka kacang polong mengandung nutrisi yang bagus untuk tubuh kita. Kacang polong mengandung serat, protein, vitamin A, C, dan K, dan vitamin lainnya.

 

Selain itu, kacang polong juga mengandung saponins. Saponins dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan sel kanker.

 

Tips memasak: tambahkan kacang polong pada nasi goreng, mi goreng, sup, atau masakan pastamu.

 

Brokoli

Broccoli

Photo: www.simplyrecipes.com

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi dan memenuhi kebutuhan vitamcin C sehari-hari.

 

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam brokoli sangat banyak. Sayangnya, kadang brokoli bisa membuat perut kembung karena gas yang dikeluarkan oleh brokoli.

 

Namun, brokoli sangat bagus untuk mencegah kanker payudara.

 

Tips memasak: jangan sampai brokoli yang kamu masak terlalu matang atau tidak matang.

 

Wortel

Carrot

Photo: www.demandstudios.com

Kandungan vitamin A dalam wortel sangat banyak dan bagus untuk kesehatan matamu.

 

Warna oranye dalam wortel disebabkan oleh kandungan beta-carotene, antioxidant yang dapat mencegah penyakit kanker.

 

Tidak hanya vitamin A, wortel juga mengandung vitamin C, K, dan potasium.

 

Tips memasak: Banyak cara untuk memasak wortel. Mulai dari tumis, sup, pasta, atau dimakan mentah. Jika ingin makan mentah, kamu bisa gunakan hummus sebagai saus.

 

Jahe

Ginger

Photo: draxe.com

Salah satu manfaat jahe adalah mengurangi rasa mual pada perempuan yang sedang hamil.

 

Penelitian tentang jahe menunjukan bahwa jahe sangat bagus untuk dikonsumsi penderita diabetes.
Tips memasak: Jahe bisa digunakan untuks segala jenis makanan, baik asin maupun manis. Kamu juga bisa menambahkan jahe dalam smoothie sayuran.

Inspirasi Resep Snack Plant-Based yang Mudah

Semenjak nonton film What The Health, saya semakin bijaksana dalam memilih makanan yang masuk ke dalam tubuh saya. Menjadi seorang vegan di Indonesia tidak susah seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.

 

Setelah mengetahui betapa tidak sehatnya snack yang dijual di pasaran, saya mencoba untuk mencari resep snack sehat yang mudah dibuat.

 

Berikut adalah resep-resep snack vegan yang bisa dicoba.

 

Veggie Crunch Rolls Sushi

Plant Based Snack Recipe

Image: www.forksoverknives.com

Menjadi vegan tidak akan membuatmu berhenti makan sushi. Sushi veggie ini bisa dijadikan snack sehatmu. Lihat resepnya disini.

 

Potato Pancakes

Plant Based Snack Recipe

Image: www.forksoverknives.com

Jika kamu kangen makan perkedel tapi nggak bisa karena adanya telor, kamu bisa coba resep potato pancakes ini. Resep ini tidak menggunakan minyak. Sehat banget kan? Lihat resepnya disini.

 

Smoothies Bowl

Plant Based Snack Recipe

Image: www.theglowingfridge.com

Pada dasarnya smoothie bowl adalah smoothie yang disajikan pada mangkuk. Namun, tekstur smoohie bowl biasanya lebih kental daripada smoothie di gelas pada umumnya. Kamu bisa bekreasi dengan smoothie bowl dengan menambahkan buah-buahan, biji-bijian, atau apapun yang kamu suka.

 

Kale Chips

Plant Based Snack Recipe

Image: Pop Sugar

Tinggalkan potato chips sekarang juga. Potato chips juga termasuk snack vegetarian tapi ada yang lebih sehat, yaitu kale chips. Kale mengandung lebih banyak nutrisi daripada potato chips loh. Untuk inspirasi resep kale chips, kamu bisa lihat disini.

 

Sweet Potato Fries

Plant Based Snack Recipe

Image: www.thevegan8.com

Meskipun judulnya adalah Sweet Potato Fries, tapi ternyata resep ini dipanggang (it should be Roasted Sweet Potato). Resep ini juga tidak menggunakan minyak. Baca resep lengkapnya disini.

 

 

Spinach Mushroom Pocket

Plant Based Snack Recipe

Image: Plant Based On a Budget

Jamur adalah salah satu makanan favorit saya. Tidak ada yang tidak enak dari jamur. Selain itu jamur juga termasuk makanan sehat. Kamu bisa mencoba spinach mushroom pocket untuk snack siang. Lihat resepnya disini.

 

Banana Muffins

Plant Based Snack Recipe

Image: Plant Based On A Budget

Butuh snack yang manis? Banana Muffins ini bisa menjadi pilihanmu. Resep ini mudah dan murah loh! Baca resepnya disini.

 

Broccoli Balls

Plant Based Snack Recipe

Image: www.veganricha.com

Buat kamu yang suka brokoli tapi bingung bagaimana mengolahnya supaya lebih enak, kamu bisa nyobain bola-bola brokoli (bisa dipanggang atau digoreng). Resep lengkap disini.

 

Spiced Samosa Potato Pinwheels

Plant Based Snack Recipe

Image: www.veganricha.com

Samosa berbentuk segitiga sudah biasa. Kali ini kamu bisa mencoba membuat samosa dengan bentuk pinwheel seperti gambar di bawah ini. Pengen nyobain? Baca resep lengkapnya disini.

 

Salad Wrap

Plant Based Snack Recipe

Image: www.plantbasedonabudget.com

Buat kamu yang nggak pengen ribet, kamu bisa mencoba resep salad wrap ini. Mudah dan murah loh. Baca resepnya disini.