The It Girl’s Travel Guide To Manado

Journal of travel

Musim liburan masih jauh dari sekarang, tapi kamu bisa merencanakannya dari sekarang. Indonesia yang kaya akan keindahan alamnya, membuat kita ingin sekali menjelajahi semua tempat indah tersebut. Daripada liburan kamu habiskan untuk pergi ke mall, cobalah untuk mengunjungi salah satu kota dengan wisata alam yang sangat indah, yaitu Manado. Manado memiliki banyak spot wisata yang wajib kamu kunjungi, dan juga makanan yang wajib kamu coba. Kali ini, The It Girl membuat little travel guide yang bisa kamu pakai sebagai panduan untuk pergi ke Manado.

When To Travel

Jika kamu mempunyai hobi diving, dan pengen diving di Bunaken, pilihlah waktu di saat ombak laut tenang. Jangan memaksakan diri untuk pergi ke Bunaken pada saat ombak tinggi karena banyak kejadian yang membuat beberapa orang kehilangan nyawanya karena memaksakan diri untuk menyebrang ke Bunaken. Sekitar desember, ombak laut masih tinggi. Waktu yang paling pas untuk menyebrang sekitar Mei hingga Juli.

The Best Places To Stay

Banyak sekali penginapan yang bisa kamu temukan di Manado, namun kamu harus menyesuaikan dengan budget yang ada. Mulai dari budget hotel hingga resort bintang lima yang indah, terdapat banyak pilihan yang bisa kamu jadikan tempat menginap selama berlibur di Manado. Berikut adalah hotel favorit pilihan The It Girl.

Jika Budgetmu Terbatas

Dengan budget terbatas, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan kenyamanan selama berlibur di Manado. Beberapa hotel berikut ini adalah tempat dimana kamu tetap bisa liburan tanpa harus boros menghabiskan tabunganmu untuk penginapan.

Whiz Prime Hotel

Whiz Prime Hotel

image by: whizprime.com

Biz Boulevard Hotel

biz boulevard hotel

image by: prasanthi-hotels.com

Sparks Hotel Manado

sparks hotel manado

image by: sparks-hotel.com

Budget Menengah

Jika kamu memiliki budget yang lebih, kamu bisa memilih hotel bintang empat yang tidak kalah bagusnya dengan hotel bintang lima. Berikut adalah beberapa hotel untuk kamu dengan budget yang lebih banyak.

Novotel Manado

7342_ro_01_p_1024x768

image by: novotel.com

Lion Hotel & Plaza

lion hotel & plaza

image by: lionhotelplaza.com

Manado Quality Hotel

royalsuite-01

image by: manadoqualityhotel.com

Budget Tidak Terbatas

Banyak sekali pilihan hotel untuk kamu yang memiliki unlimited budget. Jika kamu benar-benar ingin memanjakan dirimu, kamu bisa memilih resort bintang lima dengan fasilitas yang sangat lengkap. Berikut adalah resort dengan fasilitas lengkap pilihan The It Girl.

Hotel Aryaduta Manado

Hotel-Aryaduta-Manado-photos-Room-Living-Room

image by: aryaduta.com

Manado Tateli Beach Resort

363890_2515380

image by: manadotatelibeachresort.com

Minahasa Lagoon Resort

minahasa lagoon resort

image by: minahasalagoon.com

Siladen Resort & Spa

siladen_loungebar_05

siladen_lv_04

image by: siladen.com

What You Can Do

Kebanyakan orang tahu bahwa Manado terkenal hanya karena Bunaken, tapi ternyata banyak loh tempat wisata yang bisa kamu kunjungin selain Bunaken. Mulai dari wisata kuliner, wisata religius, sampai wisata alam lengkap semuanya.

Wisata Kuliner

Buat kamu pecinta kuliner, kamu harus banget nyobain makanan khas Manado. Tapi hati-hati, karena nggak semua makanan disana halal.

Bubur Manado

tinutuan

image by: pegipegi.com

Nama lain dari bubur Manado ini adalah Tinutuan dan menjadi makanan khas Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan bubur yang dicampur dengan berbagai macam sayuran dan tidak mengandung daging. Tinutuan bisa menjadi pilihan sarapan kamu selama di Manado. Kalo kamu pengen nyobain Bubur Manado langsung ke tempatnya, kamu bisa pergi langsung ke jalan Wakeke yang merupakan sentral pusat Tinutuan di Manado.

Seafood

Ikan Bakar Rica

image by: dentistvschef.wordpress.com

Kalo kamu pecinta seafood, kamu bakal menemukan surga seafood di Manado. Apa bedanya sih seafood di Manado dan di Jawa? Kalo di Jawa, kamu butuh uang yang banyak untuk makan seafood yang enak dengan porsi besar. Sedangkan di Manado, seafood bisa ditemukan dimana saja dengan harga yang murah dan juga banyak. Kamu bisa menemukan jenis ikan seperti tuna, kakap, kerapu, bubara yang dimasak dengan jenis bumbu khas Manado seperti rica-rica, woku, dan masih banyak lagi. Yum!

Mie Cakalang

MIE-CAKALANG

image by: roa.co.id

Jika selama ini kamu nyobain mie cakalang dalam kemasan mie instant, kamu bisa nyobain mie cakalang secara langsung di Manado. Yang membedakan mie cakalang dengan mie yang biasa kamu santap adalah adanya irisan daging ikan cakalang yang enak banget.

Pisang Goroho

IMG_4576

image by: uchadisini.blogspot.com

Tidak seperti pisang goreng pada umumnya. Pisang goroho merupakan pisang yang belum matang, dibumbui dengan tepung lalu digoreng dan disantap bersama sambal roa maupun dabu-dabu. Sounds yummy, right?

Klappertaart

aneka-klappertaart-basah-

image by: denhaagklappertaart.com

Buat kamu yang suka makanan manis, kamu harus nyobain klappertaart. Resep klappertaart merupakan pengaruh dari Belanda saat Belanda menduduki Indonesia. Klappertart merupakan kue yang berisi kelapa dan memiliki tekstur yang lembut dan lebih enak disajikan pada saat dingin.

Panada

Panada

image by: novigorakazenzero.blogspot.com

Selain klappertaart, ada juga kue yang namanya Panada. Panada merupakan kuliner yang dipengaruhi oleh bangsa Portugis. Namun di Portugis kue tersebut bernama Empada. Panada memiliki tekstur yang mirip dengan roti, dan di dalamnya diisi dengan ikan cakalang.

Wisata Religi

Selain wisata kuliner, kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata religi di Manado. Beberapa tempat berikut adalah tempat yang wajib kamu kunjungi selama di Manado.

Bukit Kasih

Bukit Kasih Manado Indonesia

image by: celotehlaila.wordpress.com

Bukit kasih yang terletak 55 km dari kota Manado ini merupakan bukit belerang yang masih alami. Toleransi yang tinggi terlihat dalam lima rumah ibadah yang ada pada Bukit Kasih ini. Terdapat lima rumah ibadah, yaitu Gereja Kristen, Gereja Katolik, Kuil Buddha, Candi Hindu, serta Masjid. Selain itu, penduduk setempat meyakini bahwa di tempat inilah nenek moyang asli suku Minahasa tinggal.

Monumen Tuhan Yesus Memberkati

Monumen Yesus Memberkati Manado

image by: sanmar86malang.blogspot.com

Monumen Yesus setinggi 50 meter ini terletak pada perumahan Citraland, dan merupakan ide dari pemiliknya sendiri, yaitu Ir. Ciputra. Selain itu, monumen ini merupakan monumen Yesus tertinggi kedua di dunia setelah patung Yesus di Rio De Janeiro, Brazil.

Bukit Doa di Tomohon

Bukit Doa Tomohon Chapel Mahawu

image by: blakraxtrip.com

Dengan waktu tempuh sekitar 45 hingga 60 menit dari kota Manado, kalian bisa mengunjungi Bukit Doa Tomohon yang berada pada kaki gunung Mahawu. Begitu sampai di Bukit Doa Tomohon, kalian bisa melihat pemandangan alam yang indah, bersih, dan merasakan udara yang sejuk. Di Bukit Doa Tomohon terdapat amphiteater, Chapel Mahawu dengan bentuk yang unik, dan juga Kelong Garden.

Wisata Alam

Manado sangat terkenal dengan alamnya yang sangat indah, terutama keindahan alam bawah laut di Pulau Bunaken. Jika kamu pecinta wisata alam, kamu wajib banget pergi ke tempat-tempat berikut.

Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken Manado

image by: indahnya-ibupertiwi.blogspot.com

Taman Nasional Bunaken merupakan taman laut pertama di Indonesia yang ditetapkan pada tahun 1991. Indonesia mendaftarkan Taman Nasional Bukan kepada UNESCO sebagai salah satu warisan dunia namun sampai sekarang masih tentatif. Keindahan Taman Laut Bunaken tidak bisa diragukan lagi. Terdapat banyak jenis hewan laut yang bisa kamu lihat disini. Pokoknya kamu wajib diving jika kamu sudah sampai ke pulau Bunaken. Untuk mencapai Pulau Bunaken, kamu bisa menggunakan speed boat dari Kota Manado selama 45-60 menit.

Danau Linow

steven7blog.wordpress.com

image by: steven7blog.wordpress.com

Jangan lupa untuk menyempatkan pergi ke Danau Linow di daerah Tomohon. Berjarak sekitar 30 km dari kota Manado, kamu bisa melihat keindahan danau tiga warna yang dikelilingi oleh bunga-bunga cantik dan juga pepohonan. Disebut danau tiga warna karena kita bisa melihat warna danau ini berubah-ubah mulai dari hijau, biru, atau kuning kecoklatan. Hal ini disebabkan oleh kadar belerang yang terkandung disertai pembiasan cahaya matahari pada danau.This location is super instagram-able!

Pulau Siladen

Pulau Siladen Manado

image by: robeston.wordpress.com

Jika Bunaken terkenal dengan keindahan dalam lautnya, Pulau Siladen yang terletak di sebelah timur laut Pulau Bunaken terkenal dengan keindahan pantainya. Kegiatan yang wajib kamu lakukan disini adalah snorkeling, namun kamu juga bisa diving di Pulau Siladen yang nggak kalah bagusnya dengan Bunaken.

Contributors

Winny Irmarooke

Co-Founder & Editor