Tiga Aplikasi Transportasi Yang Wajib Kamu Punya

Tech

Perkembangan jaman membuat semuanya harus serba cepat dan praktis. Dengan adanya teknologi, mobilitas manusia menjadi lebih mudah dan cepat. Beberapa aplikasi berikut akan membantu kamu untuk berpindah tempat dengan cepat tanpa harus menguras banyak uang. Apa saja sih aplikasi itu? Here we go..

#1 Go-Jek

Gojek Indonesia

image by: ahotalk.wordpress.com

Available in: Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Medan, Semarang, Palembang, dan Balikpapan

 

Gojek merupakan aplikasi yang menyediakan berbagai jasa seperti go-ride, go-car, go-food, go-send, go-mart, go-box, go-massage, go-clean, go-glam, go-tix, go-busway, dan go-pay. Banyak sekali kan jasa yang disediakan oleh gojek? Jika kamu suka beli makan tapi nggak mau repot, kamu bisa menggunakan go-food. Kamu bisa pesen makanan lewat aplikasi ini dan abang gojek akan mengirimkan makanan yang kamu pesan langsung ke depan rumah kamu. Selain itu, Go-Jek juga merupakan solusi buat kamu yang males ke salon tapi harus tampil cantik (kamu bisa menggunakan go-glam!). Masih banyak jasa yang bisa kamu pakai di aplikasi ini. Yang paling penting adalah nggak bikin dompet kamu kosong! Karena semenjak adanya Go-Pay, pembayaran transaksi kamu di Gojek bisa mendapatkan diskon sebesar 50%.

#2 Uber

Uber App

image by: opportunitylives.com

Available in: Jakarta, Surabaya, Bandung, Bali

 

Aplikasi yang berasal dari Amerika ini banyak menuai kontroversi. Uber merupakan pelopor pertama yang menggunakan mobile app sebagai platform untuk memesan transportasi secara online. Selain itu, kelebihan aplikasi Uber adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan taxi biasa. Kelemahannya adalah belum bisa menjangkau banyak kota di Indonesia dan tidak semua kota memiliki fitur yang sama dibandingkan dengan Uber Jakarta. Jika kamu menggunakan Uber di Jakarta, ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pilih yaitu, uberMOTOR, uberX, dan UberBLACK. Bedanya apa sih? uberMOTOR menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi, uberX menggunakan mobil biasa, dan UberBLACK menggunakan mobil yang lebih mewah dibandingkan uberX. Apabila di Jakarta ada uberMOTOR, UberX, dan UberBLACK, di kota lain hanya ada uberX. Pembayaran pada aplikasi Uber dapat menggunakan tunai maupun kartu kredit, harganya pun nggak terlalu mahal kok. Namun, di Uber terdapat kebijakan surge charge dimana yang kamu bayarkan bisa menjadi berkali-kali lipat apabila adanya banyak permintaan dari sekitarmu untuk menggunakan Uber. Aplikasi Uber juga memiliki desain interface yang user-friendly dan hal ini memudahkan orang yang menggunakan aplikasi ini.

#3 Grab

Grab Bike Indonesia

image by: adobotech.com

Available in: Jakarta, Surabaya, Padang, Bali, Bandung
Memiliki ciri khas warna yang sama dengan Go-Jek, aplikasi asal Malaysia ini menyediakan jasa transportasi di beberapa kota di Indonesia. Sebelumnya, aplikasi ini bernama GrabTaxi dan akhirnya mengganti namanya menjadi Grab saja. Bedanya dengan dua aplikasi sebelumnya adalah Grab memiliki layanan GrabTaxi dimana kamu bisa memesan taxi dari aplikasi Grab. Secara keseluruhan, aplikasi Grab menyediakan lima jasa yaitu GrabCar, GrabBike, GrabFood, GrabExpress, dan GrabTaxi. Apasih bedanya GrabCar dengan GrabTaxi? Kalau GrabCar, kamu akan dikenakan biaya fixed dari lokasi menuju tujuan. Tidak seperti Taxi, biaya yang dikenakan akan naik terus sampai Taxi kamu berhenti.